Diikuti 22 Mahasiswa dari Berbagai Perguruan Tinggi, IIB Darmajaya Gelar Parade Budaya PMM 2

Diikuti 22 Mahasiswa dari Berbagai Universitas, IIB Darmajaya Gelar Parade Budaya PMM 2
BANDAR LAMPUNG

Gelar Parade Budaya PMM 2, Mahasiswa asal Pulau Jawa dan Sulawesi Tampilkan Tarian, Lagu Hingga Cerita Daerah

Bandar Lampung, (LV) –
Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menggelar Parade Budaya “Kenali Budayaku Inilah Indonesiaku” dalam Pelepasan pertukaran mahasiswa merdeka (PMM) modul Nusantara 2022 pada Kamis, (5/1/23).

Dalam parade budaya tersebut mahasiswa yang berasal dari Pulau Jawa dan Sulawesi menampilkan pakaian daerah, tarian dan lagu serta cerita. Mulai dari penampilan Tari Bedana, Lagu Maredeng Marampa, dan pertunjukan Gareng.

Mahasiswa yang tampil sebanyak 22 mahasiswa yang berasal dari STMIK IKMI Cirebon, Universitas Kuningan, Sekolah Tinggi Teknologi Cipasung, Universitas PGRI Madiun, Universitas Islam Blitar dan Institut Teknologi Nasional Bandung. Kemudian, STMIK Widya Pratama Pekalongan, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Universitas Merdeka Madiun, dan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Baca Juga:  Ikuti Digital Entrepreneurship Academy (DEA) - Bandar Lampung Batch 3, Gratis!

Selain itu, Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan, Universitas Esa Unggul Jakarta, dan Universitas Komputer Indonesia Bandung. Selanjutnya, Universitas Sulawesi Barat serta Universitas Alma Ata Yogyakarta, Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa Yogyakarta, Universitas Galuh Ciamis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Totalwin Semarang, Universitas Islam Al-Azhar Makassar, dan Universitas Negeri Malang.

PIC PMM II IIB Darmajaya, Kurnia Fadila, S.E., M.Sc., mengatakan Program PMM 2 merupakan program pertukaran mahasiswa dalam negeri selama satu semester di perguruan tinggi yang berbeda klaster pulau dengan PT pengirim peserta PMM. “Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kebinekaan dalam kelas Modul Nusantara, mata kuliah keilmuan, dan berbagai aktivitas terkait yang disetarakan hingga 20 SKS akademik,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kurnia Fadila juga melaporkan jumlah mahasiswa inbound Program PMM 2 sebanyak 22 mahasiswa. Menurut dia, mereka tersebar dalam 5 Prodi yaitu Teknik Informatika, Desain Komunikasi Visual, Manajemen, Akuntansi dan Bisnis Digital. ‚ÄúDengan matakuliah lintas prodi sesuai dengan program merdeka belajar yang ada di IIB Darmajaya, yang merupakan bagian dari platform besar Merdeka Belajar Kampus Merdeka kementrian Pendidikan RI,” bebernya.

Baca Juga:  Gubernur Lampung Pimpin Rapat Pengembangan Keramba Jaring Apung Laut Bersama Ketua Komisi IV DPR RI

Kurnia Fadilla juga mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Alfian Husin dan Rektor IIB Darmajaya atas support dalam pelaksanaan kegiatan Parade Budaya. “Hari ini program PMM 2 telah memasuki fase akhir program yaitu dengan menggelar 1 modul nusantara bertajuk parade budaya. Dan sebagai acara pelepasan secara resmi peserta PMM2 IIB Darmajaya yang akan kembali ke kampus asal masing-masing pada tanggal 29 Januari 2023 yang akan datang,” kata dia.

Sementara, Wakil Rektor 1 Bidang Akademik RZ Abdul Aziz, S.T., M.T., Ph.D., mengatakan mahasiswa PMM 2 berkuliah satu semester di IIB Darmajaya dan akan menjadi alumni. “Darmajaya telah menjadi keluarga besar Anda semua. Kami ucapkan terima kasih kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) RI yang juga telah memilih kegiatan ini,” ungkapnya.

Baca Juga:  Koramil 410-01/Panjang Gelar Final Sepak Bola dalam rangka seleksi Liga Santri PSSI Piala KASAD.

Abdul Aziz -biasa dia disapa- menuturkan IIB Darmajaya beberapa tahun lalu telah mengikuti pertukaran mahasiswa dari dalam negeri dan luar negeri. “Kita juga menerima pertukaran mahasiswa dari Taiwan maupun Malaysia,” ujarnya.

Warek 1 menambahkan kesempatan yang Anda dapatkan merupakan sangat berharga. “Tidak hanya dapat meningkatkan keilmuan tetapi juga budaya daerah,” imbuhnya.

Abdul Aziz berharap mahasiswa yang akan kembali ke kampus masing-masing juga dapat memberikan testimoni yang baik dalam PMM 2. “Kami titip untuk sampaikan budaya yang telah diterima kalian ke kampus masing-masing,” pungkasnya. (**)

 76 kali dilihat

Tagged