Hama Tikus Meresahkan Petani Di Tiyuh Makarti

LINTAS DESA TULANG BAWANG BARAT

LAMPUNGVISUAL.COM-Memasuki tanam gaduh tahun ini, para petani yang ada di Kabupaten Tulang Bawang Barat, dibuat resah oleh maraknya serangan hama dan penyakit, terutama hama tikus. Jika hal ini dibiarkan Berlarut-larut dikhawatirkan akan mengancam gagal panen, dan Swasembada beras daerah ini tidak akan terwujud. Ratusan hektar sawah milik petani di Tiyuh Makarti, Kecamatan Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat, diserang hama tikus, meski belum terlalu parah tapi resah dan, kuatir Akan gagal panen. (31/5/2017)

  Serangan hama ini tidak hanya berlangsung di malam hari atau saat hujan turun, tetapi juga siang hari. Para petani terpaksa menggelar ronda untuk memburu sepanjang hari. Mereka resah karena serangan tikus bisa mengancam gagalnya panen.

Baca Juga:  Pemkab Tubaba Merubah Sistem Pembelajaran SD SMP

  Demikian diungkapkan, petani di Tiyuh Makarti Sugiyo (50), yang sudah menjadi korban  serangan hama tikus. Sebagian sawah miliknya telah rusak karena hewan pengerat tersebut.

Dirinya merasa khawatir, akibat serangan hama tikus tersebut tanaman padi miliknya menjadi merusak, dan mengancam gagal panen. Maka dirinya berharap kepada dinas terkait untuk dapat menanggulangi serangan hama tersebut.

Senada diungkapkan petani lainnya, Yanto (35) dirinya kecewa akibat serangan tikus yang kerap menyerang tanaman padi beberapa tahun terakhir. Sehingga untuk musim tanam gadu tahun ini dirinya enggan menanam padi.

Baca Juga:  Senyum Bahagia Resepsi Pernikahan Mirhan dan Fitri

 Yanto, memilih menanam singkong, karena selain mudah perawatannya, jika menanam padi takut gagal panen untuk kesekian kalinya.” Saya tidak menanam padi karena takut diserang tikus, dan saya memilih menanam singkong:” ujarnya. (Jamal/ CK 2).

 570 kali dilihat

Leave a Reply

Your email address will not be published.