Hj. Endah Kartika Prajawati Mengukuhkan Pengurus DPC LASQI Kecamatan

LAMPUNG UTARA

Lampungvisual.com-Ketua umum DPD LASQI Lampung Utara, Hj. Endah Kartika Prajawati, S.STP., MH., mengukuhkan Pengurus DPC LASQI Kecamatan Abung Kunang, Abung Tinggi, Abung Tengah, Abung Pekurun, Abung Barat, Tanjung Raja dan Bukit Kemuning Periode 2016-2021. Dilaksanakan di Kantor Camat Abung Kunang. Turut hadir dalam acara tersebut, Bupati Lampung Utara yang diwakili oleh Wakil Bupati Lampung Utara, dr. H. Sri Widodo, M.Kes.,Sp.PD.FINASIM. Selasa (14/2/17).

Dalam sambutannya, Ketua Umum DPD LASQI Kabupaten Lampung Utara, mengucapkan selamat serta apresiasi kepada Pengurus DPC LASQI yang baru dikukuhkan, semoga pengurus yang baru dikukuhkan dapat melaksanakan tugas dan kerjasama sehingga visi dan misi LASQI di Kabupaten Lampung Utara dapat tercapai. Ketua Umum DPD LASQI Lampung Utara mengatakan bahwa LASQI merupakan organisasi kemasyarakatan yang membina dan mengembangkan seni budaya musik bernuansa Islami, sebagai sarana atau media dalam menciptakan kehidupan masyarakatyang religius, yaitu masyarakat yang agamis dan bermartabat.

“Karena, syair yang terdapat dalam seni Qasidah berisikan tentang hal-hal positif yang mengajak untuk taat kepada ajaran-ajaran agama, membangun budi pekerti dan akhlaq, serta melarang berbagai bentuk kejahatan dan kemungkaran” Ujar Hj. Endah

Baca Juga:  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Utara Lantik 115 PPK

Menurutnya, dengan berkembangnya Seni Qashidah tentunya akan menumbuhkan nilai-nilai yang bermanfaat bagi perkembangan tatanan dan sikap hidup yang penuh dengan kerukunan, kedamaian, kebersamaan dan cinta kasih dalam kehidupan bermasyarakat.

Ketua Umum DPD LASQI Lampung Utara berharap semoga keberadaannya tidak hanya sebatas Papan Nama, tempat berkumpul para seniman Qashidah untuk kemudian menghibur dan menyenangkan diri, namun yang tidak kalah penting adalah bagaimana melalui seni Qashidah ini, LASQI dapat menciptakan generasi-generasi yang berkualitas serta mampu mendukung program-program Pemerintah dibidang pembangunan mental spiritual sesuai azas dan tujuan keberadaan LASQI.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Hj. Endah berpesan,

“kepada seluruh jajaran Pengurus DPC LASQI, agar dapat berusaha semaksimal mungkin dalam mengemban amanah yang diberikan sehingga mampu menunjukkan peran positifnya meraih prestasi yang membanggakan bagi kemajuan Kabupaten Lampung Utara yang kita cintai ini” Pesan Ketua Umum DPD LASQI Lampung Utara

Baca Juga:  Anggota Kodim 0412/LU Lakukan Pemerataan Tanah Lokasi Upacara Pembukaan TMMD ke-105

Dalam sambutannya, Bupati Lampung Utara yang diwakili Wakil Bupati Lampung Utara mengatakan seni Budaya Islam pada dasarnya sudah berkembang seiring dengan masuknya agama Islam ke Nusantara. Potensi seni budaya ini dapat dikembangkan dalam ruang lingkup yang lebih luas terutama dalam rangka transformasi nilai-nilai religius yang akan memberikan pencerahan  dan perubahan prilaku atau akhlak dan moralitas kearah yang lebih baik, yang sedikit banyak dapat diminimalisir dengan menanamkan nilai-nilai agama melalui pendekatan seni budaya Islam. Pemerintah bersama masyarakat memiliki peran dan kepentingan yang besar dalam menumbuhkembangkan nuansa keagamaan ditengah-tengah masyarakat, terutama bagi generasi muda. Dengan terbentuknya LASQI telah memberikan warna tersendiri dalam upaya membangun dan mengembangkan dakwah Islam yang menggunakan pendekatan melalui kultur budaya yang dapat diterima masyarakat, yang salah satunya melalui pertunjukkan seni Qashidah.

Menurut dr. widodo, strategi yang ditanamkan oleh LASQI dalam mengembangkan dakwah Islam melalui seni Qashidah merupakan wujud dalam membentuk kehidupan masyarakat yang Islami sekaligus memberikan penanaman akhlak, norma dan nilai-nilai Islami dalam berprilaku, berkomunikasi dan berinteraksi dengan sesama umat manusia.

Baca Juga:  Panwaslu Lampura Gelar Rakor Bersama Panwascam

Seni memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia, karena merupakan manifestasi dari pikiran, rasa dan pikiran. Banyak kalimat-kalimat didalam Al-Qur’an yang secara implisit mengandung unsur seni dan keindahan, sehingga secara tidak langsung melalui seni Qashidah telah turut berpartisipasi dalam mewujudkan kehidupan masyarakat Kabupaten Lampung Utara yang Agamis dan Bermartabat.

“Saya berharap, dengan dikukuhkannya Pengurus DPC LASQI Kecamatan Abung Surakarta, Abung Semuli, Abung Timur, Abung Selatan dan Blambangan Pagar ini dapat turut berkontribusi dalam melakukan Perubahan Nyata untuk kehidupan masyarakat yang Aman, Maju, Sejahtera, Agamis dan Bermartabat” Harap Wakil Bupati di Akhir Sambutannya.(Red/ Humas)

 702 kali dilihat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.