IIB Darmajaya Gelar Semnas Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 2022

IIB Darmajaya Gelar Semnas Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 2022
PENDIDIKAN

BANDARLAMPUNG, (LV)
Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menggelar Seminar Nasional (Semnas) Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 2022 dengan tema “Transformasi Teknologi Digital dalam Ekonomi Kreatif dan Pemberdayaan Masyarakat” di Ballroom Hotel Golden Tulip Springhill Sabtu, (27/8/22).

Adapun dalam Semnas yang dilaksanakan secara hybrid (offline dan online) sebagai pembicara Ir. Noor Akhmad Setiyawan, S.T., M.T., Ph.D., IPM. (Universitas Gadjah Mada), dan Dr. Anggalia Wibasuri, S.Kom., M.M. (IIB Darmajaya). Sementara, Dr. Edi Kurniadi, M.Pd. (Universitas Sebelas Maret) menyampaikan paparannya melalui zoom meeting.

Dalam laporannya, Ketua Pelaksana Semnas, Ir. Suhendro Yusuf Irianto, M.Kom., Ph.D., mengatakan Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya sebagai salah satu perguruan tinggi menjadi basis aktivitas intelektual, sehingga perlu menjadi penggerak utama dalam pengembangan tranformasi teknologi digital, khususnya di Lampung dan Indonesia umumnya.

Baca Juga:  UPT IO dan Prodi Manajemen IIB Darmajaya Gelar General Lecture CRM dan Digital Marketing

“IIB Darmajaya merupakan salah satu PTS di Lampung yang memiliki komitmen untuk meningkatkan kualitas penelitian, sehingga kami menggelar Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Tranformasi Teknologi Digital dalam Ekonomi Kreatif dan Pemberdayaan Masyarakat,” ungkapnya.

Banyak tujuan terselenggaranya Semnas hari ini, lanjut dia, diantaranya adalah mengetahui secara teknis bagaimana inovasi dan transformasi digital yang terjadi saat ini, bagaimana trennya, apa saja yang perlu dilakukan pemerintah, swasta, Perguruan Tinggi, sosial dan masyarakat Indonesia.

“Kemudian, mengetahui bagaimana keputusan strategi bisnis yang tepat di era tranformasi digital. Selain itu, meningkatkan pengetahuan lingkungan makro dan mikro terkait kekuatan-kekuatan yang membuat disrupsi di berbagai sektor termasuk dunia bisnis,” tuturnya.

Baca Juga:  Banyak Sekolah di Lampura belum memahami SOP tatap muka

Suhendro –biasa dia disapa – meyampaikan untuk peserta seminar 115 paper yang submit dengan 44 paper yang dipresentasikan. “Untuk peserta bukan pemakalah dalam Semnas terdapat 82 orang dari mahasiswa, peneliti, dosen dan lainnya yang berasal dari Malang, Surabaya, dan Pulau Sumatra. Semnas ini menjadi sarana komunikasi dan diskusi antar sivitas akademika dan stakeholder terkait dengan pengembangan model strategi inovasi di Era Tranformasi Teknologi Digital dan dapat berjalan sesuai dengan yang kita harapkan,” ujarnya.

Sementara, Rektor IIB Darmajaya, Dr. Ir. H. Firmansyah Y Alfian, M.B.A., M.Sc., mengatakan kegiatan Semnas ini merupakan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi yakni penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. “Saat ini Indonesia sedang mengalami disrupsi dari segala aspek terutama dari pandemi yang terjadi hingga saat ini juga belum usai,” ungkapnya.

Baca Juga:  Dosen Kampus The Best ini Hasilkan Buku Kedua ‘Mobile Security’

Dari hal tersebut, lanjut dia, seluruh elemen harus siap untuk mengikuti perubahan terutama transformasi digital. “Karena yang pasti di dunia ini yakni perubahan dan kematian. Maka sebagai akademisi harus mau mengikuti perubahan dan juga melakukan pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.
Firmansyah berharap Dosen IIB Darmajaya terus mengikuti perubahan dalam Era Digital 4.0. “Karena dengan perubahan maka dapat memberikan pemberdayaan dan pengabdian masyarakat serta manfaat atas penelitian yang dilakukan,” pungkasnya. (**)

 81 kali dilihat

Tagged