Kelurahan Mulya Asri Lestarikan Budaya Tari Tradisional

BERITA PHOTO RAGAM BUDAYA TULANG BAWANG BARAT

Tulang Bawang Barat: lampung visual.com- Upaya melestarikan budaya salah satunya tari Remo asal Jawa Timur Kelurahan mulya asri kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat laksanakan latihan tari setiap hari sabtu dan minggu di kantor kelurahan setempat.

Latihan tari ini sebagai pelestarian saja dan agar anak-anak penerus generasi bangsa khususnya di kelurahan Mulya Asri. Dan latihan ini bukan saja anak jawa yang mengikutinya tapi juga anak-anak pribumi lampung juga antusias mengikuti latihan ini,” demikian diKatakan Prabumi Restu Aji S.E Lurah Mulya Asri, dikutip dari Trienews.com,”  Minggu (22/12/2019).

Baca Juga:  Big Project Bangunan Mako Polres TUBABA Gulirkan Dana 10M

“Tari Remo ini berasal jawa timur, Dan biasanya anak-anak ini latihan dirumah pak Ponco Nugroho ketua DPRD Tubaba, Cuma hari kami latihan di Balai kantor kelurahan,karena beliu lagi pergi ke bandar Lampung,” Terangnya.

Latihan tari ini rutin kami lakukan, khusus hari sabtu dan minggu saja, biar anak-anak ini bisa fokus dalam latihan dan yang pasti tidak mengganggu jam pelajaran mereka disekolahan.

Baca Juga:  PAD 50 Juta, Pihak Ketiga Akan Buka Cerita

Lebih lanjut Prabumi Restuaji mengungkapkan,” Kecintaan pada seni tari tradisional membuat saya dan kawan-kawan terutama pak ketua DPRD Tubaba Ponco berusaha melestarikan budaya tari,

“Dengan bertambahnya tahun dan berganti generasi, ada kalanya tradisi yang telah dipertahankan dan dijaga dengan baik oleh para leluhur kita secara perlahan-lahan mulai luntur. Karena, pengaruh dari budaya modern yang kembang serta disukai mereka, sehingga sedikit demi sedikit, generasi mulai melupakan dan tidak meminati budaya asli tradisionalnya,” Ungkapnya.

Baca Juga:  Warga dan Perangkat Tiyuh Candra Jaya Antusias Tanam Cabai

Jika hal tersebut terus dibiarkan, maka tidak mustahil warisan asli budaya tradisional akan punah dengan cepat. Kalau bukan kita-kita yang peduli akan siapa lagi,” Tuturnya.

Penulis : (Red)

Editor : Yoga

 2,136 kali dilihat

Leave a Reply

Your email address will not be published.