Ketua Kwartir Cabang Way Kanan Mebuka Bimbingan Teknis Mabigus

ADVERTORIAL WAY KANAN

Way Kanan, lampungvisual.com
Wakil Bupati yang juga ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Way Kanan,.Edward Antony, M.M mebuka kegiatan Bimbingan Teknis Mabigus dan Lounching Akreditasi Gugus Depan di Gedung Serba Guna Pemda setempat, Kamis (18/01)
Dalam arahannya Edward Antony mengatakan, pelaksanaan Bimtek Mabigus dan akreditasi Gudep ini merupakan tanggung jawab bersama dalam memenuhi amanah yang termaktub dalam UU No. 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.
“Hal ini diharapkan menjadi spirit dalam upaya mengembangkan kegiatan Pramuka yang bermutu sesuai dengan karakteristik, bakat dan minat kaum muda, sesuai keadaan dan kebutuhan masyarakat dimana Pramuka itu berada, sehingga kegiatan Pramuka disenangi dan diminati oleh masyarakat”, ujar Edward Antony.
Edward Antony berharap melalui kegiatan bimtek mabigus ini para pemangku kepentingan khususnya Kamabigus di sekolah-sekolah, tidak mengecilkan arti dari pendidikan Kepramukaan dan selalu memberikan dorongan materi maupun non materi, pemenuhan kewajiban para Kamabigus harus memiliki standar yang berupa penilaian dalam bentuk Akreditasi Gugus Depan.
“Saya mengajak kita semua untuk lebih merapatkan barisan dan menyatukan gerak langkah dalam pembentukan karakter kaum muda melalui Gerakan Pramuka. Jadikan Pramuka sebagai garda terdepan bangsa, garda terdepan Pancasila, yang merupakan aset penting bagi keutuhan NKRI”, lanjut Edward Antony.
Pengalaman dalam mengikuti kegiatan kepramukaan sejak dibangku sekolah, masih lanjut Wakil Bupati kelahiran Muara Enim itu bahwa dalam Gerakan Pramuka tidak ada sekat politik, sekat kedaerahan, dan sekat agama. Semua terlebur menjadi kebhinekaan yang indah. Hal ini membuktikan bahwa Gerakan Pramuka tetap konsisten sebagai pemersatu bangsa.
Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Way Kanan itu juga mengajak semua komponen bangsa termasuk Gerakan Pramuka untuk bertanggung jawab, tugas dan kewenangan untuk memberikan bimbingan, dukungan serta fasilitas dalam penyelenggaraan pendidikan Kepramukaan di Kabupaten Way Kanan.
“Pemerintah Kabupaten Way Kanan sangat konsen dan membantu dalam bentuk biaya kegiatan, dan kita berdoa Insyaallah di Tahun 2018 ini kita akan memulai pembangunan gedung Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Way Kanan yang merupakan sarana dan prasarana pendidikan kepramukaan. Bantuan dan dukungan ini akan terus dilakukan dan ditingkatkan sesuai dengan kemampuan Kabupaten Way Kanan”, Sambungnya.
Edward Antony juga berharap dengan menyediakan fasilitas untuk kegiatan kepramukaan membuat gerakan pramuka di Kabupaten Way Kanan terus berkembang karena dengan begitu maka Pemerintah Kabupaten Way Kanan juga akan terbantu dengan terbinanya generasi muda yang akan menjadi generasi bangsa yang siap menjadi pemimpin dimasa depan.
“Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak terutama Kamabigus yang telah berkontribusi bagi perkembangan dan kemajuan Gerakan Pramuka khususnya di Kabupaten Way Kanan. Dan syukur Alhamdulillah, Pramuka Way Kanan telah banyak berkiprah dan berprestasi di kancah nasional dan Internasional, saya sampaikan pula pada kesempatan ini sepanjang Tahun 2017 yang lalu Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Way Kanan telah melaksanakan kegiatan tak kurang dari 30 item kegiatan telah dilaksanakan. Kegiatan-kegiatan tersebut kita mampu berbicara banyak, diantaranya Raimuna Nasional di Cibubur, Perkempinas di Kalimantan Timur, dan yang paling kita banggakan kita mampu mengirimkan peserta Asean Scout Jamboree (Jambore ASEAN) di Davao, Fhilipina, yang tidak semua Kwartir Cabang mampu melakukannya”, lanjut Edwar Antony.
Diketahui, Gerakan Pramuka dari segi pembinaan peserta didik di Tahun 2017 lalu Kwartir Cabang Way Kanan sudah memulai dengan mengkader peserta didik sampai ketingkatan tertinggi dalam pendidikan Kepramukaan yaitu dengan dikukuhkannya 7 (tujuh) orang golongan penegak dan 4 (empat) orang golongan penggalang sebagai Pramuka Garuda.
Selanjutnya berdasarkan laporan dari ketua pelaksana, Zainal Abidin bahwa tujuan dari kegiatan Bimbingan Teknis Mabigus dan Lounching Akreditasi Gugus Depan tersebut adalah selain sebagai ajang silaturahmi antar pengurus gerakan pramuka Kwarcab Way Kanan, juga sebagai tempat belajar dan menambah ilmu pengetahuan tentang bagaimana lebih mengembangkan dan membuat Pramuka semakin berprestasi. Dalam kegiatan tersebut diikuti sebanyak 785 peserta yang merupakan pengurus Gerakan Pramuka Kwarcab Way Kanan dan dihadiri oleh Ketua Pusat Pelatihan dan Pengembangan Nasional, Ketua Pusat Pelatihan dan Pengembangan Daerah Lampung, Ketua Pusat Pendidikan dan Pelatihan Daerah Lampung, Kepala Dinas Pendidikan, Wakil Ketua Kwarcab Way Kanan. (fikri/Adv).

 2,284 kali dilihat

Leave a Reply

Your email address will not be published.