Kodim 0105/Abar Menggelar Garjas Periodik II Untuk Mengukur Kemampuan Fisik Prajurit

Kodim 0105/Abar Menggelar Garjas Periodik II Untuk Mengukur Kemampuan Fisik Prajurit
ACEH BARAT

Aceh Barat, (LV)
Dalam rangka menjaga dan meningkatkan serta mengukur kemampuan fisik Prajurit, Kodim 0105/Abar melaksanakan Tes Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik II bertempat di Lapangan Kesrem wilayah IM 04.02 Meulaboh Jalan Pocut Baren Ujong Karang Kecamatan Johan Pahlawan, Selasa (18/10/2022)

Tes Garjas Periodik ini merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh seluruh Prajurit TNI yang dilakukan dua kali dalam setahun. Dengan maksud dan tujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kebugaran fisik Prajurit sekaligus mengukur kemampuan secara berkala.

Sebelum melaksanakan Tes Garjas, terlebih dahulu diawali dengan pengecekan Personil yang akan ikut melaksanakan kesamaptaan dan dilanjutkan pemeriksaan tahap awal kesehatan untuk mengukur tensi serta denyut nadi oleh Tim Medis dari Kesrem IM 04.02 Meulaboh dibawah pimpinan Lettu Ckm dr. Mochamad Darmawan Saputra. Selain itu, pihak kesehatan juga menyiapkan dukungan kendaraan Ambulance guna mengantisipasi dan mengevakuasi manakala terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga:  Melalui Komsos, Babinsa Posramil 05/PC Berikan Himbauan Kamtibmas, Prokes Dan Vaksinasi Booster

Pada saat pengecekan nyata, Pasi Pers Kodim 0105/Abar Kapten Inf Muhammaddar menekankan kepada seluruh Prajurit agar selama pelaksanaan tes Samapta untuk tertib dan mengutamakan faktor keamanan, namun tetap harus maksimal sesuai kondisi fisik serta kemampuan masing – masing agar mencapai standar nilai yang telah ditetapkan Komando Atas.

“Tes Garjas ini sangatlah penting, tidak hanya sebatas mengukur tingkat kemampuan fisik Prajurit, namun berfungsi juga sebagai metode menganalisa apakah life style sudah baik atau belum. Jika hasilnya tidak, maka harus ada perbaikan pola hidup. Ini adalah program yang harus dilaksanakan, untuk itu patuhi tata tertib dan instruksi dari Panitia demi kelancaran dan keamanan bersama”, ujar Pasi Pers mengingatkan

Baca Juga:  Awali Kerja Anggota Satgas Melaksanakan Apel Pagi Di Lokasi TMMD

Dalam kesempatan yang sama, Binjasmil Korem 012/TU Serma Purba menyampaikan ada beberapa item yang akan dinilai, yakni kesamaptaan “A” meliputi lari selama 12 Menit dan kesamaptaan “B” yang terdiri dari Pull Up, Push Up, Sit Up dan Shuttle Run serta Lunges (gerakan kaki). Yang mana secara globlal pelaksanaannya diawasi dan dinilai langsung oleh Tim Asstensi dari Jasrem 012/Teuku Umar.

Sementara Kasdim 0105/Abar Mayor Inf Mazwar As’adi Riyanto yang turut langsung memantau pelaksanaan Garjas ini mengutarakan bahwasanya kegiatan secara berkala ini dilakukan untuk mengetahui kondisi dan kebugaran fisik Prajurit. Disamping itu juga bisa sebagai ajang pembinaan guna menunjang kelengkapan Administrasi Usulan Kenaikan Pangkat (UKP), persiapan alih golongan (Pendidikan) maupun Program lainnya.

Baca Juga:  Jalin Kerjasama Bidang Pertanian, Kodim 0105/Abar Bersama RTA Gelar Jonder Dan Hand Tractor

“Samapta Periodik ini merupakan Program yang harus dilaksanakan oleh setiap Prajurit secara teratur, terukur dan berjenjang. Setiap Prajurit dituntun dan dituntut untuk membina fisik agar tetap prima dan mutlak harus memiliki kemampuan Jasmani yang standar bahkan lebih. Sebab, ini adalah modal utama dalam mendukung keberhasilan tugas pokok kedepan yang semakin komplit dan kompleks”, jelas Kasdim.(*)

 146 kali dilihat