PLN Pasok Listrik Tanpa Kedip, Konferensi Internasional BUMN Berlangsung Sukses

PLN Pasok Listrik Tanpa Kedip, Konferensi Internasional BUMN Berlangsung Sukses
JAWA BARAT

Badung, 18 Oktober 2022 – PT PLN (Persero) sukses hadirkan listrik tanpa kedip pada kegiatan State-Own Enterprises (SOE) International Conference di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Senin-Selasa (17-18/10).

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali, I Wayan Udayana menyampaikan, PLN menerapkan strategi operasi yang dilaksanakan untuk menjaga keandalan dan kontinyuitas penyaluran tenaga listrik selama kegiatan berlangsung, dengan mengoptimalkan adaptive defense scheme yakni pengamanan pasokan listrik secara berlapis sehingga mampu menghadirkan listrik tanpa kedip.

“Jika terjadi gangguan, yakni terputusnya penyaluran listrik dari jaringan, PLN telah menyiapkan skema penanganan dengan menggunakan back-up supply yang akan berpindah secara otomatis tanpa kedip, sehingga pelanggan tidak akan terganggu, dan acara akan tetap berjalan lancar,” ungkap Udayana.

Baca Juga:  Dukung Industri Jabar Bersaing di Pasar Global, PLN Sediakan REC dan Terus Kembangkan Listrik Ramah Lingkungan

Udayana menyebutkan saat ini neraca daya PLN dalam kondisi cukup, dengan cadangan daya mencapai 26 persen. Beban puncak Bali mencapai 848,6 megawatt (MW) dengan daya mampu pembangkit secara keseluruhan di sistem Bali mencapai 1.146 MW.

“Artinya pasokan listrik dalam kondisi aman dengan cadangan daya mencapai 297,4 MW,” tambah Udayana.

Tak hanya itu, PLN juga menyiapkan cadangan pasokan melalui sarana pendukung antara lain 3 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) mobile berkapasitas 250 kiloVokt Ampere (kVA), 100 kVA, dan 30 kVA. Selain itu PLN juga berkoordinasi dengan pelanggan pemilik venue untuk melakukan pengecekan pada back-up supply listrik milik pelanggan yakni 2 unit genset berkapasitas 1.250 kVA dan 1 unit genset 1.000 kVA.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Tinjau Pembangunan Konstruksi Kereta Cepat Jakarta – Bandung

“Selama kegiatan berlangsung, sebanyak 28 personil tim dari PLN Bali ditugaskan untuk siap siaga dan ditempatkan di lokasi kegiatan yakni di BNDCC,”ucap Udayana.

Menurutnya, keandalan pasokan listrik turut menjadi kunci penting suksesnya penyelenggaraan berbagai event di Bali tak terkecuali SOE International Conference yang merupakan bagian dari agenda Road to G20.

“Semangat kami menghadirkan listrik tanpa kedip khususnya pada kegiatan Presidensi G20, untuk itu kami berharap agar masyarakat turut mendukung dengan secara aktif melapor jika menemukan potensi bahaya listrik di dekat jaringan listrik melalui aplikasi PLN Mobile,” pungkasnya.

Baca Juga:  Pangdam III/Siliwangi Tinjau Lokasi Pembangunan Kodim Pangandaran

Sumber: Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

 115 kali dilihat