Kuatkan Ketahanan Pangan, Babinsa Posramil 05/PC Dampingi Petani Budidaya Cabe Kerinting

ACEH BARAT

Aceh Barat, (LV) –
Guna membangkitkan perekonomian masyarakat agar memiliki ketahanan pangan yang kuat, Babinsa Posramil 05/PC Kodim 0105/Abar Sertu Kumpul Sinaga mengorbankan hari libur dan waktu luangnya untuk mengabdikan diri membantu maupun mendampingi Petani salah satu warga binaannya yakni Bapak Sumardi (46) dalam aktifitas merawat tanaman Cabe Keriting dihamparan lahan dengan luas 0,5 Ha yang berlokasi di Desa Meunuang Kinco Kecamatan Pante Ceureumen. Minggu, (01/01/2023).

Dibawah teriknya panas air keringat bercucuran, namun tak menyurutkan Babinsa untuk tetap setia mendampingi Petani dalam merawat tanaman Cabenya agar terbebas dari gulma dan hama. Pendampingan yang dilakukannya ialah bertujuan untuk membakar semangat, memberikan motivasi dan menjalin komunikasi, sehingga keluh kesah Petani mengenai pertumbuhan tanaman dapat di ketahui. Manakala ditemui kendala, maka Babinsa dapat dengan segera mencari solusi penyelesaiannya.

Baca Juga:  Babinsa Koramil 04/Meureubo Datang Sampah Di Sekolah SMA Langsung Hilang

Ditengah hamparan tanaman Cabe, tampak Sertu Kumpul Sinaga dan Petani begitu kompak menyusuri bedeng demi bedeng guna mengontrol tumbuh kembang tanaman dan memastikan tidak ada hama maupun OPT (Organisme Pengganggu Tanaman).

“Cabe merupakan tanaman yang cukup sensitif, jadi memang harus memberikan perawatan yang ekstra dan optimal agar produksinyapun maksimal. Hal ini tentunya menjadi harapan bagi insan Petani guna meningkatkan taraf perekonomiannya. Apalagi saat ini permintaan kebutuhan Cabe masih relatif tinggi, tak pelak memberikan keuntungan atau income tersendiri. Untuk itu, rajin-rajinlah merawatnya,” pesan Babinsa kepada Petani.

Baca Juga:  Kejar Target, Tim Satgas Rehab RTLH Kodim Aceh Barat Lakukan Sistem Bagi Tugas

Ditempat terpisah, Danposramil 05/PC Pelda Adlin Lubis menambahkan, Pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa merupakan upaya peran aktif sebagai Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil) dalam rangka meningkatkan perekonomian dan menguatkan swasembada atau ketahanan pangan secara lokal maupun skala nasional.

“Dalam kegiatan pendampingan di lapangan, Babinsa menghimbau Petani agar selalu melakukan perawatan tanaman secara intens, rutin memupuk dan rajin membersihkan lahan dari rumput liar yang dapat menghambat tumbuh kembangnya tanaman. Yakinlah, Babinsa akan senantiasa setia dan sedia membantu masyarakat kapanpun dan dalam kondisi apapun,” timpal Danpos.

Baca Juga:  Kerja Nyata Babinsa Koramil 08/Arongan Lambalek Dalam Meringankan Segala Kesulitan Masyarakat

Dalam momen tersebut, Babinsa juga menyematkan ultimatum dari Pimpinan TNI AD manakala masih ada lahan yang sekiranya masih tidur dan cocok untuk digarap, maka agar dapat segera dimanfaatkan supaya menjadi lahan produktif. Hal ini sebagai upaya membantu Pemerintah dalam menguatkan ketahanan pangan di sektor Pertanian.

 268 kali dilihat

Tagged