Memeriahkan HUT Waykanan Dinas Menggelar Lomba Melukis

WAY KANAN

Lampungvisual.com, Waykanan-Memeriahkan HUT Kabupaten Waykanan ke 18 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Waykanan menggelar lomba melukis kreasi batik Lampung dengan jumlah pendaftar sebanyak 90 orang, mulai dari tingkat Sekolah Dasar, SMP, Dan SMA/ umum.

Kegiatan yang berlangsung Senin (17/4) tersebut pembukaannya dilakukan oleh Wakil Ketua TP-PKK Waykanan Hj. Thurismawaty Edward Antony. Turut hadir mendampingi Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Setempat Musadi Muharam, Kadis kesehatan Farida Aryani dan Kabid Kebudayaan Tri Suyanti.

Membacakan sambutanKetua TP PKK Hj.Dessy Afriyanti Adipati, Wakil Ketua TP PKK Hj.Thurismawaty Edward Antony, mengatakan Cikal-bakal dari ekonomi kreatif adalah modal manusia yang dapat berkreasi dan menciptakan nilai tambah.

Baca Juga:  KPU Way Kanan Lantik 42 PPK

Kabupaten Way Kanan dengan banyak generasi muda adalah sebuah modal dan sebuah kekuatan untuk membuat Way Kanan berjaya  dimasa yang akan datang.

“Yang kita lakukan hari ini adalah investasi dalam memupuk kekuatan itu karena sangat  penting bagi kita untuk memberi kebebasan ekspresi dan ruang kreatif yang seluas-luasnya bagi anak-anak kita dalam  mengajarkan apresiasi warisan budaya.” Kata dia.

Ditambahkannya dengan banyaknya  lomba-lomba seperti melukis Kreasi Batik Lampung Way Kanan Tingkat SD,SLTP Dan SLTA sebagai pengakuan dari talenta baru dibumi ramik ragom.

Hal yang paling utama yang harus kita maknai melalui pagelaran lomba ini adalah pelestarian batik sebagaimana yang diamanatkan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta yang bertujuan untuk mencegah terjadinya kesalahan penggunaan atau pemanfaatan budaya batik tradisional Indonesia,

Baca Juga:  Camat Bahuga dan Tim AWPI Tinjau Proyek Embung Tidak Sesuai Harapan

“saya berharap kedepannya kita semua dapat terus berkarya dalam rangka menumbuhkembangkan budaya batik khas Way Kanan sehingga selain dapat menambah kekayaan dan keragaman kebudayaan Indonesia, juga dapat ikut memberdayakan perekonomian masyarakat.” Pungkasnya.

Dari info yang berhasil dihimpun dalam perlombaan tersebut  tingkat Sekolah Dasar juara 1.Novitasari (SDN Negeri baru), Juara II Devi Abel Melita ( SDN Gunung sari), Juara III Sukron Rojikin ( SDN Sidoarjo)

Untuk Kategori SMP Juara  I Haya Felisa Karima (SMPN 1 BBU,) Juara II Ramadani (SMP 4 Negara Batin), Dan juara III diraih Jan Hadinata (SMP 1 Negeri Agung) Sementara untuk kategori Sma/smk/umum pemenang Idiraih oleh Febria (umum), Pemenang IIYudi apriadi (SMA 1 BBU) Dan pemenang III diraih oleh Supariadi (umum/pol pp).

Baca Juga:  KPU Way Kanan melaunching program NGOPI Pemilu

Sebelumnya ditempat yang sama sabtu (15/4) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Waykanan juga menggelar lomba Qosidahan yang diikuti oleh 38 peserta dari Berbagai kecamatan di Waykanan.

Tampil sebagai pemenang lomba Qasidah yakni juara I Grup Latulip Kampung Bumi Harjo Kecamatan Buay Bahuga, Juara II Grup Qosidah Al Hidayah Kampung Bumi Baru Kecamatan Blambangan Umpu dan Juara III Qosidah Belawik asal Kecamatan Banjit. ( M Fikri).

 824 kali dilihat

Leave a Reply

Your email address will not be published.