Pembinaan Lingkungan Hidup, Kodim Bojonegoro tanam ribuan Pohon Penghijauan

Pembinaan Lingkungan Hidup, Kodim Bojonegoro tanam ribuan Pohon Penghijauan
JAWA TIMUR

BOJONEGORO –

Sebagai upaya pencegahan dini guna meminimalkan risiko terjadinya bencana alam, Komando Distrik Militer (Kodim) 0813 Bojonegoro menggelar kegiatan program pembinaan lingkungan hidup dengan melakukan penghijauan di Desa Suwaloh, Kecamatan Balen, Jum’at (25/11/2022).

Kegiatan yang mengambil tema “Bersatu Padu Dalam Menjaga Lingkungan” ini melibatkan pemerintah desa dan masyarakat setempat dengan menanam sebanyak 400 bibit pohon penghijauan jenis trembesi.

Disampaikan Pasiter Kodim 0813 Bojonegoro, Kapten Inf Surahmat, bahwa selain di Desa Suwaloh, Kecamatan Balen, penanaman sebanyak 2000 batang pohon penghijauan jenis trembesi, johar dan jati juga dilaksanakan di Desa Kalianyar Kecamatan Kapas, di Desa Drenges dan Desa Sugihwaras Kecamatan Sugihwaras, di Desa Bobol Kecamatan Sekar, serta di Desa Pungpungan Kecamatan Kalitidu.

Baca Juga:  Kedekatan Dansatgas TMMD Kepada Wartawan.

Penghijauan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membantu program pemerintah guna mewujudkan kelestarian fungsi lingkungan hidup, dalam rangka mengurangi dampak pencemaran diwilayah. Sehingga, tetap terjaganya kelestarian lingkungan hidup sesuai dengan tipologi wilayah.

“Selain itu juga dapat terjaganya keselarasan, keserasian dan keseimbangan antara fungsi lingkungan dan pemanfaatannya, dapat terjaganya fungsi hutan, Sumber Daya Alam (SDA), Daerah Aliran SungaiĀ  (DAS) dan sumber-sumber kehidupan lainnya, serta terkendalinya pemanfaatan sumber daya secara bijaksana dan terkendalinya polusi atau pencemaran udara dan air,” kata Pasiter Kodim 0813 Bojonegoro, Kapten Inf Surahmat.

Baca Juga:  Bangun MCK Umum,Terapkan Pola Hidup Sehat Warga

Pihaknya berharap, kegiatan tersebut dapat membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan gerakan menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. Dengan kegiatan penghijauan ini, dapat mengurangi dampak kerusakan lingkungan yang dapat mengakibatkan bencana alam diwilayah Kabupaten Bojonegoro.

“Kami juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan merawat tanaman ini. Mari kita jaga bersama, sehingga nantinya dapat bermanfaat bagi anak cucu kita,” ujarnya.

Kepala Dusun Suwaloh, Masduki, atas nama pemerintah desa menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran TNI Kodim 0813 Bojonegoro yang telah melaksanakan penghijauan diwilayah Desa Suwaloh. “Semoga dengan adanya penghijauan ini akan semakin menambah keasrian lingkungan desa,” pungkasnya. (*)

 69 kali dilihat