Pemkab Lampura Meriahkan Hari Kartini

LAMPUNG UTARA

Lampung Utara, Lampungvisual.com-Bupati Lampung Utara yang diwakili oleh Wakil Bupati, dr. H. Sri Widodo, M.Kes, SP, PD, FINASIM, bersama Ketua TP-PKK Lampung Utara Hj. Endah Kartika Prajawati Agung, S.STP, MH, menghadiri acara Peringatan Hari Kartini ke-138 Tahun 2017. Acara yang mengmbil tema “Meningkatkan Kualitas Pemberdayaan dan Aksi Nyata Perempuan Dalam Pembangunan”, tersebut berjalan meriah. Acara digelar di halaman Gedung PKK Kabupaten Lampung Utara. Hadir pada acara tersebut Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Utara, Hj. Dayuk Ratih Handayani Widodo, Ketua Darma Wanita Persatuan Kabupaten Lampung Utara, Hj. Dewi Anggraeni Samsir, para Kepala Organisasi Kepala Daerah Kabupaten Lampung Utara, Ketua Bhayangkari, Organisasi Wanita Kabupaten Lampung Utara, Forkopimda Kabupaten Lampung Utara. Rabu (19 April 2017).

Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Utara Hj. Endah Kartika Prajawati Agung, S.STP, MH, menjelaskan sejarah singkat tentang Raden Ajeng Kartini. Dimana diketahui, Raden Ajeng Kartini merupakan pelopor kebangkitan kaum wanita di Indonesia. Sosok Raden Ajeng Kartini dapat dijadikan contoh bagi kaum wanita saat ini. Maka dari itu, Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Utara mengajak kepada semua masyarakat Lampung Utara, khususnya kaum wanita,  untuk bersyukur karena memiliki seorang pelopor seperti Raden Ajeng Kartini yang berjuang untuk kaum wanita.  Sehingga derajat kaum wanita terangkat dan memperoleh hak-haknya sebagai wanita. Meskipun, cita-citanya belum semua tercapai, dikarenakan saat ini masih ditemukan banyak wanita yang belum mendapatkan hak-haknya dan masih memperjuangkan nasibnya.

Baca Juga:  Keluarga besar Kodim 0412/ LU meriahkan HUT RI ke-77 dengan Perlombaan tradisional

“Mari kita terus berjuang, agar partisipasi wanita dalam pembangunan dan dapat bergelora agar cita-cita Raden Ajeng Kartini dapat terwujud.” Kata Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Utara.

Selain itu, Hj. Endah Kartika Prajawati, S.STP.,MH., melaporkan kegiatan memperingati hari Kartini ke-138 Tahun 2017, ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pada peringatan Hari Kartini Tahun 2017 ini, diisi dengan kegiatan Bhakti Sosial, dengan tujuan untuk membantu mengurangi beban masyarakat yang kurang beruntung. Adapun kegiatannya, antara lain pembagian paket sembako, pelaksanaan sunatan massal dan donor darah.

Dilanjutkan dengan pemberian bingkisan dan bantuan sembako secara simbolis untuk 200 orang dan santunan untuk 100 peserta sunatan massal.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Lampung Utara dr. H. Sri Widodo, M.Kes, SP, PD, FINASIM,  mengatakan banyak makna dan pesan yang disampaikan lewat perjuangan yang telah dibangun oleh seorang Kartini. Melalui tulisannya yang dikenal, yaitu “Habis Gelap Terbitlah Terang” yang telah membawa perubahan emansipasi wanita. Dikatakannya, Kartini merupakan sosok wanita Indonesia yang berusaha untuk bisa meningkatkan derajat wanita agar bisa menjalankan kehidupan lebih baik dan memiliki hak yang sama dalam memperoleh pendidikan. Inilah yang menjadi initi dari perjuangan Kartini dalam membebaskan kaum wanita dari kebodohan dan keterbelakangan.

Baca Juga:  Warga Bandar Putih Ancam Stop Proyek Drainase

Banyak kaum wanita di Indonesia, khususnya Kabupaten Lampung Utara telah memiliki jabatan strategis dilembaga Pemerintah dan swasta dan ini menjadi kebanggaan bagi bangsa Indonesia , karena memiliki banyak “Wanita Hebat” yang mengharumkan nama Indonesia. Itu ditunjukkan dengan keberadaan kaum Wanita yang telah memberikan peran andil dalam kemajuan Pembangunan di Kabupaten Lampung Utara.

Kabupaten Lampung Utara dibawah pimpinan H. Agung Ilmu Mangkunegara, S.STP.,MH., memberikan perhatian terhadap pemberdayaan wanita yang cukup tinggi, hal ini dapat dilihat dari beberapa kegiatan yang telah dilakukan. Beliau berharap kepada seluruh organisasi wanita yang ada di Kabupaten Lampung Utara agar terus memberikan inspirasi, ide, gagasan dalam perjuangan dan pengabdiannya kepada masyarakat, khususnya pemberdayaan kaum wanita yang telah mampu membawa sinergitas untuk pembangunan Kabupaten Lampung Utara.

“Jadikanlah nilai-nilai dan perjuangan Raden Ajeng Kartini sebagai motivasi dalam setiap langkah dan perjuangan kaum wanita” Kata Beliau.

Ditambahkannya, melalui momentum peringatan Hari Kartini ini, Beliau berharap kepada Kartini-Kartini yang ada, agar saling bahu membahu dan menjadikan nilai-nilai dan perjuangan Ibu Kita Kartini sebagai motivasi dalam setiap langkah dan perjuangan kaum wanita.

Baca Juga:  Disdikbud Lampura pantau pelaksanaan Ujian Nasional

Dalam wawancaranya dengan beberapa media, Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Utara mengatakan salah satu tujuan memperingati Hari Kartini adalah untuk semakin memotivasi kaum wanita dalam mencerdaskan anak bangsa. Dikatakannya PKK bersma pemerintah Kabupaten Lampung Utara sudah melakukan beberapa langkah dalam mencerdaskan masyarakat Lampung Utara, sesuai tugas pokok dan fungsi yang tertuang dalam 10 program PKK, salah satunya memberikan penyuluhan di Desa–Desa se- Kabupaten Lampung Utara, adapun ha-hal yang disampaikan adalah memberikan pemahaman kepada para orang tua agar dapat mengawasi anak-anak mereka, dengan tidak melakukan kekerasan kepada anak-anak dan wanita, serta mengawasi lingkungannya agar tidak terpengaruh narkoba, free sex, serta terhindar dari perilaku yang negatif lainnya.

Ketua TP-PKK juga menghimbau kepada kepada wanita di Lampung Utara agar menjadi wanita yang cerdas, mandiri serta dapat meningkatkan kualitas sebagai kaum wanita, karena ketahanan Negara berawal dari ketahanan keluarga, dan ketahanan keluarga berasal dari ketahanan wanita.

“Ketika wanitanya kuat, maka ketahanan keluarga dan Negara pun menjadi kuat, khususnya Kabupaten Lampung Utara akan menjadi lebih hebat dengan wanitanya yang luar biasa” Pungkasnya

Setelah selesai acara, Wakil Bupati Lampung Utara beserta Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Utara melakukan peninjauan lokasi Sunatan Massal dan kegiatan Donor Darah.(Red/ Humas)

 922 kali dilihat

Leave a Reply

Your email address will not be published.