Peringati HKN ke -59, Wabup bagikan doorfrize kepada pendonor darah

Peringati HKN ke -59, Wabup bagikan doorfrize kepada pendonor darah
LAMPUNG UTARA

Lampung Utara, lampungvisual. com

Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-59 Tahun 2023, Pemerintah Daerah Lampung Utara melaksanakan Donor masal dan pembagian hadiah Doorfrize yang bertempat di aula RS Mayjend HM Ryacudu Kotabumi, Selasa (21/11/2023)

Wakil Bupati Lampura Ardian Saputra memgatakan di momentum peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 Tahun 2023 ini, saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Lampung Utara mengucapkan terima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan yang telah aktif melaksanakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 Tahun 2023 ini mengusung tema “Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju”, dimana sesuai arahan Menteri Kesehatan RI Bapak Budi Gunadi Sadikin pada Peringatan Hari Kesehatan Nasional tanggal 12 November 2023 yang lalu bahwa ada 6 (enam) pilar transformasi kesehatan penopang sistem kesehatan Indonesia yang harus dicapai dan dibangun bersama secara serius dan terus menerus.

Pilar pertama yaitu transformasi layanan primer yang mengutamakan pencegahan dibandingkan pengobatan. Pilar kedua adalah transformasi layanan rujukan, dimana semua daerah harus memiliki standar layanan rujukan dan rumah sakit harus memberikan pelayanan yang merata dan berkualitas.

Baca Juga:  Program Kampung Entreprneur Creatif Mengurangi Penggangguran

Pilar ketiga yaitu transformasi SDM kesehatan dimana seluruh SDM tenaga kesehatan di Indonesia harus merata. Pilar keempat adalah transformasi ketahanan kesehatan, dimana didalamnya produksi dalam negeri diutamakan. Selanjutnya pilar kelima, yaitu pembiayaan kesehatan yang diharapkan efektif dan transparan.

Sedangkan, pilar terakhir adalah layanan transformasi teknologi kesehatan, dimana aplikasinya harus terintegrasi dari mulai layanan kesehatan, maupun layanan lain di bidang kesehatan dalam satu platform “Satu Sehat”.

Menurut dia, tentunya kita menyadari, bahwa kesehatan itu merupakan satu anugerah yang tidak ternilai harganya, dan tidak dapat diukur dengan materi atau apapun juga. “Kita tahu biaya pengobatan sangat mahal, sehingga diharapkan masyarakat dapat menerapkan Perilaku Hidup Bersih Sehat melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), ” Kata dia.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ini harus kita mulai dari lingkup terkecil yaitu keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian. Kita bisa memulai dengan melakukan aktifitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, menggunakan jamban tertutup, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Kejari Lampura Gelar Sertijab

“Kegiatan tersebut dapat dimulai dari diri sendiri dan keluarga, dan tidak membutuhkan biaya yang besar, ” Ucapnya.

Mudah-mudahan, dengan adanya momentum Peringatan Hari Kesehatan Nasional ini kita tergugah kembali untuk memasyarakatkan dan mengkampanyekan kembali Gerakan Masyarakat Hidup Sehat sehingga masyarakat dapat semakin sadar akan pentingnya meningkatkan kualitas kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat yang baik dan benar.

Ditambahkannya, Demi memberikan pelayanan yang lebih prima kepada masyarakat. Kedepan, pemkab Lampura akan berupaya meningkatkan kualitas maupun Sumber daya manusianya agar Rumah sakit kebanggaan masyarakat Lampura dpat menjadi Alternatif tujuan utama baik dalam daerha maupun luar daerah.

“Kita akan berusaha semaksimal mungkin demi memajukan Rumah Sakit Daerah Kita ini, ” Tuturnya.

Baca Juga:  Bupati Lampura buka puasa bersama dengan masyarakat Desa Tanjung Baru

Sementara Maya Manan Kadis Kesehatan Lampura menyampaikan bahwa Hari Kesehatan Nasional ke – 59 tahun 2023, Pemkab Lampura melaksanakan berbagai kegiatan yang dimulai hari. Kegiatan pertama
donor darah masal dengan doorprize. Pasa donor darah kali ini mendapat 237 kantong darah.

Selain itu juga, ada Pembagian beras untuk kaum dhuafa dan penderita TBC sebanyak 500 Sak beras di RS Mayjend HM Ryacudu dan 27 puskesmas. Kemudian, Jalan sehat dan senam bersama yang akan dilaksanakan pada tamggal 26 November sekaigus pembagian doorprize menarik. (Andrian Folta)

 49 kali dilihat