Perkuat Ketahanan Pangan, Kodim Bojonegoro Panen Raya Jagung

Perkuat Ketahanan Pangan, Kodim Bojonegoro Panen Raya Jagung
JAWA TIMUR

BOJONEGORO, (LV)-

Komando Distrik Militer (Kodim) 0813 Bojonegoro, pagi ini Kamis (3/11/2022), menggelar panen raya jagung dilahan yang berada di Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk. Tanam jagung jenis pertiwi 6 dilakukan pada 3 (tiga) bulan yang lalu ini ditanam di atas lahan 2 hektar yang semula merupakan lahan tidur atau kosong.

Panen raya jagung dilaksanakan dalam program yang dicanangkan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, dibidang ketahanan pangan sebagai upaya untuk memantapkan ketersediaan pangan yang bersumber dari produksi lokal dalam rangka memperkuat ketahanan pangan nasional.

Koordinator kegiatan, Kapten Inf Ratik, menyampaikan bahwa kegiatan panen raya jagung bersama masyarakat sekitar ini dilakukan untuk mensukseskan program ketahanan pangan yang sekaligus juga upaya membantu pengendalian inflasi daerah khususnya di Kabupaten Bojonegoro.

Baca Juga:  Personel Satgas TMMD 110 Bojonegoro Bantu Bangun Kamar Mandi

Menurutnya, kegiatan panen raya jagung ini juga berkat dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, serta kerja keras anggota Babinsa Koramil jajaran Kodim 0813 Bojonegoro bersama para petani.

“Alhmadulillah, hari ini jagung yang kita tanam beberapa bulan yang lalu bisa di panen dengan melimpah. Dan hasil dari panen jagung ini bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat sekitar,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Pasiter Kodim 0813 Bojonegoro, Kapten Inf Surahmat, mengatakan bahwa setelah melaksanakan panen raya jagung, saat ini Kodim 0813 Bojonegoro dan Koramil-Koramil jajaranya melanjutkan dan berupaya semaksimal mungkin mendukung program pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan khususnya di Kabupeten Bojonegoro dengan menanam 8.000 lebih bibit cabai merah dan cabai rawit.

Baca Juga:  TMMD 110 Desa Jatimulyo, Satgas Kodim 0813 Bojonegoro Komsos Pelayanan Masyarakat

Ketahanan pangan, menurut Pasiter, adalah salah satu program TNI Angkatan Darat dalam memanfaatkan lahan tidur untuk di olah menjadi lahan produktif guna membantu masyarakat secara mandiri. Terwujudnya kemandirian pangan, tentunya juga akan memperkuat ketahanan rumah tangga, masyarakat dan pada akhirnya akan memperkuat ketahanan pangan diwilayah serta mencegah terjadinya krisis pangan dampak dari pandemi covid-19.

Disampaikan juga, bahwa setelah kesuksesan panen raya jagung tersebut Kodim 0813 Bojonegoro akan terus bersinergi, berupaya membantu menjaga ketahanan pangan khususnya di Kabupaten Bojonegoro dengan melakukan penanaman cabai bersama Koramil jajaran dan masyarakat sekitarnya.

Baca Juga:  Turut Terlibat Giat TMMD 110 Bojonegoro, Ini Ungkapan Tulus Sarimin

“Harapannya, hasil dari yang kita lakukan ini dapat menjaga ketahanan pangan serta mensejahterakan masyarakat. Dan Insyaallah, program dalam mendukung pemerintah akan dilakukan secara berkelanjutan,” kata Kapten Inf Surahmat.

Turut dalam kegiatan ini Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Trucuk, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bojonegoro, Diah Dwi Ningrum, mengucapkan terima kasih dan apresiasinya atas sinergisitas yang dilakukan Kodim 0813 bersama Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dalam upaya mensuksekan program ketahanan pangan.

“Harapanya kegiatan yang sudah berjalan dengan baik seperti ini terus berlanjut, demi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Terima kasih, dan tetap semangat,” pungkasnya.(*)

 63 kali dilihat