Petani ikan terkendala pemasaran, Wabub Lampura berupa datangkan pengusaha dari luar

Petani ikan terkendala pemasaran, Wabub Lampura berupa datangkan pengusaha dari luar
LAMPUNG UTARA

Lampung Utara, lampung visual.com-

Kelompok petani ikan dan pengusaha ikan yang berada di Kecamatan Tanjung Raja dan Abung Tinggi Lampung Utara (Lampura) setiap panennya dapat mencapai 6 ratusan ton terkendala dengan pemasarannya.

“Kami selalu petani ikan maupun pengusaha ikan sangat mengharapkan bantuan pemerintah daerah untuk mencarikan tempat pemasaran yang besar untuk menerima hasil produksi ikan kami, ” Kata Muhammad Aziz Kolampok Petani Ikan Tanjung Raja ketika berdialog dengan Wabub Lampura, Ardian Saputra, Senin (14/11/2022)

Dijelaskannya, kurang lebih tiga tahun ini, peningkatan petani ikan mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Bahkan banyak masyarakat yang awalnya usaha perkebunan beralih pungsi ke budidaya ikan sebagai penopak memenuhi kebutuhan hidup dimasa pandemi covid 19.

Baca Juga:  Ibu dan Anak Dibacok Begal diperjalanan Pulang Kerumah

Kendati demikian, peran penting pemerintah sangat diperlukan untuk memberikan motivasi dan arahan bagi petani ikan baik itu di bidang UMKM sampai cara proses pemasaran untuk menarik minat para pengusaha besar agar bisa datang kesini.

Ditambahkan, dirinya juga meminta kepada pemerintah daerah membuat pasar induk khusus petani ikan sebagai upaya dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat serta menarik minat masyarakat luar daerah maupun luar Provinsi berkunjung Ke Lampura.

Sementara, Wakil Bupati Lampura, Ardian Saputra ketika berdialog dengan para petani ikan dan pengusaha ikan mengatakan pemkab lampura akan berupaya semaksimal mungkin memfasilitasi petani ikan dalam pemasaran hasil produksinya keluar daerah.

Baca Juga:  Disdikbud terus lakukan monitoring DAK tahun 2019

” Kita akan upayakan secepatnya untuk membantu petani ikan untuk pemasaran hasil budidaya ikannya, ” ucapnya.

Menurut dia, Pertumbuhan budidaya ikan di Lampura mengalami peningkatan yang cukup cepat. Bahkan menjadi daerah penghasil produksi ikan yang cukup besar. Tentunya hal ini, memberikan dampak positif bagi masyarakat dalam memajukan Kabupaten Lampung Utara.

Kesempatan itu, Kadis Perikanan Sanny Lumi menjelaskan bahwa produksi ikan di Lampura setiap panennya mencapai ratusan ribu ton setiap bulan. Dari data ini, kita akan berupaya mendatangkan pengusaha dari luar yang mampu menampung hasil produksi ikan.

Baca Juga:  Pemkab Gelontorkan Dana Sebesar 5,5 M Perbaikkan Infrastruktur Jalan di Kecamatan Kotabumi Utara

“Mudah mudahan pengusaha pengusaha diluar daerah tertarik dan mau menampung hasil produksi ikan karena Lampura masuk urutan nomor 4 penghasil ikan terbesar di Provinsi Lampung, ” tuturnya.

Kemudian, Wabub Lampura, Ardian Saputra disamping Kadis Perikanan Sanny Lumi, Sekertaris Kominfo Luzirwan, Kabag Kesra Apriyadi, Kabid Dinsos Firmasyah, Camat dan petani ikan secara simbolis pelepasan ribuan bibit ikan di Balai Benih Ikan (BBI) Tanjung Raja. (Andrian Folta)

 106 kali dilihat