PLN Operasikan PLTS Pulau Derawan di Kalimantan, Kawasan Wisata Unggulan Makin Menawan

PLN Operasikan PLTS Pulau Derawan di Kalimantan, Kawasan Wisata Unggulan Makin Menawan
NASIONAL

Kehadiran panel surya di Pulau Derawan menjadi semangat awal cikal bakal Green Island Wisata Pulau Derawan.

Berau, 15 Oktober 2022 – PT PLN (Persero) mendukung Pulau Derawan Berau, Kalimantan Timur sebagai Green Island untuk menarik wisatawan, dengan memasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di wilayah tersebut. Hadirnya PLTS ini membuat Pulau Derawan semakin menawan bagi wisatawan.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, Joice Lanny Wantania, mengatakan Pulau Derawan merupakan salah satu pesona wisata bahari yang memukau karena keindahan alam bawah lautnya, hadirnya PLTS Derawan merupakan wujud nyata komitmen PLN dalam mencapai Net Zero Emission 2060 melalui pemanfaatkan energi baru terbarukan.

Baca Juga:  Satgas TMMD Reg -107 Awali Pekerjaan Dengan Menyiapkan Alat kerja

“Hadirnya PLTS di Pulau Derawan menunjukkan komitmen PLN dalam penggunaan sumber listrik ramah lingkungan, sekaligus untuk meningkatkan bauran energi hijau di Indonesia,” kata Joice.

Dikelola oleh PLN sejak tahun 2012, PLTS Derawan beroperasi dengan daya mampu maksimum hingga 80 kilo watt peak (kWp) untuk menyuplai listrik warga kepulauan Derawan.

Menurut Joice, keberadaan PLTS Derawan terus diperbaiki dan direvitalisasi sehingga bisa memberikan suplai listrik yang lebih stabil bagi warga setempat.

Baca Juga:  Jalin Komunikasi Sesama Prajurit Yang Bertugas Di TMMD Reg-107

“Saat ini kami fokus melakukan pengelolaan agar operasi PLTS Derawan bisa maksimal. Ke depannya kami rencanakan untuk melakukan revitalisasi panel surya untuk meningkatkan kapasitas hingga 190 kWp,” tambahnya.

Penggunaan energi hijau PLTS Derawan juga diapresiasi oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Ilyas Natsir. Menurut Ilyas penggunaan PLTS akan mendorong kawasan wisata Pulau Derawan semakin hijau.

“Kami mendukung penuh penggunaan energi baru terbarukan di Pulau Derawan. Harapannya, Pulau Derawan semakin ramah lingkungan, semakin bersih, sehingga semakin memikat para wisatawan untuk datang berkunjung”, kata Ilyas.

Baca Juga:  Kapten Inf Mulyono : Lari Aerobik Adalah Sarapan Pagi Prajurit

Sumber: Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

 92 kali dilihat