Tingkatkan Kinerja Penelitian, LP2M IIB Darmajaya Sosialisasi Pemutakhiran Publikasi Dosen

Tingkatkan Kinerja Penelitian, LP2M IIB Darmajaya Sosialisasi Pemutakhiran Publikasi Dosen
PENDIDIKAN

BANDARLAMPUNG, (LV)
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menggelar Sosialisasi Pemutakhiran Publikasi Dosen berupa Data Scopus, WoS, Google Scholar, Garuda dan SINTA versi 3 secara daring, Jumat (14/10/22).

Sosialisasi diikuti seluruh peneliti dan dosen melalui platform zoom meeting. Sosialisasi dibuka Rektor IIB Darmajaya Dr. Ir. H. Firmansyah YA, M.B.A., M.Sc. yang diwakili Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Riset RZ Abdul Aziz, S.T., M.T., Ph.D.

Dalam sambutannya, RZ Abdul Aziz mengatakan Direktorat Jenderal Pendidikan Dikti (Ditjen Dikti) memiliki website untuk mewadahi publikasi baik itu berupa jurnal, conference, buku dan HKI dari dosen perguruan tinggi. “Kita juga diharapkan dapat mengupdate data-data tersebut sehingga tersinkronisasi oleh Ditjen Dikti melalui Bima,” ungkapnya.

Baca Juga:  Ikuti Program IIS, Mahasiswa Asal Madagaskar Belajar di IIB Darmajaya

Menurut dia, setiap dosen agar dapat melakukan update data di Scopus, WoS, Google Scholar, Garuda sehingga saat sinkronisasi ke SINTA semua data sudah valid. “Semuanya harus diupdate baik di SINTA maupun Bima,” ujarnya.

Warek 1 juga menyarankan untuk setiap dosen agar mengecek kembali data penelitiannya. “Update SINTA masing-masing terutama dosen-dosen yang mau serdos dan penelitian karena untuk eligiblenya harus tersinkronisasi,” imbuhnya.

Baca Juga:  UKM DCFC IIB Darmajaya Roadshow FFL 2020 di Pesawaran

Sementara, Ketua LP2M IIB Darmajaya Dr. Sri Lestari, S.Kom., M.Cs., menyampaikan kepada peserta untuk melakukan pemutakhiran data dari penelitian, pengabdian dan luarannya (jurnal, conference, buku dan HKI) oleh masing-masing dosen. “Data-data tersebut merupakan pendukung laporan kinerja yang menjadi dasar dalam klasterisasi perguruan tinggi,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut dia, data-data tersebut dapat menjadi referensi penelitian lainnya. “Kegiatan ini menjadi penting untuk meningkatkan kinerja dan posisi PT, bahkan dosen di mata nasional untuk mendapatkan peluang mendapatkan hibah-hibah atau peluang lainnya dalam mewujudkan peningkatan tridarma PT,” ujarnya.

Baca Juga:  Pascasarjana Manajemen IBI Darmajaya Ajak Stakeholder dalam Pengembangan Kurikulum Baru

Sosialisasi disampaikan Kepala Pusat Publikasi LP2M IIB Darmajaya Hendra Kurniawan, S.Kom., M.T.I. yang menerangkan pemutakhiran data publikasi dosen pada Google scholar, Garuda, Scopus, Web of Science, dan Bima. Selain itu, dijelaskan juga penggunaan SINTA dalam menambahkan karya berupa jurnal, conference, buku, dan HKI. (**)

 85 kali dilihat