Potensi Besar Propinsi Lampung, dilirik Pemerintah Pusat

NASIONAL OPINI DAN PUISI

Lampungvisual.com-Jakarta – Infrastruktur pendukung sektor unggulan Provinsi Lampung harus dibenahi, demikian salah satu arahan Presiden Jokowi dalam Rapat Terbatas Evaluasi pelaksanaan Proyek Strategis Nasional dan Proyek Prioritas Provinsi Lampung di Kantor Presiden (6/3). Hal ini dilakukan sebagai bentuk upaya melakukan pemerataan dan percepatan pertumbuhan ekonomi daerah.

Provinsi Lampung menyimpan potensi besar dalam beberapa sektor unggulan, khususnya di bidang pertanian, perikanan, dan perkebunan. Hal ini dilihat dari Produk Domestik Regional Bruto Lampung yang 31,45% berasal dari sektor pertanian, perikanan, dan perkebunan. Produk Domestik Regional Bruto Lampung berikutnya berasal dari sektor pengolahan yang memberi sumbangsih sebesar 18,83%.

Baca Juga:  Ketum PWI: Secara Konstitusional Belum Ada Yang Terpilih Sebagai Presiden

Agar perekonomian daerah tumbuh lebih cepat, infrastruktur pendukung transportasi sektor perikanan & pertanian harus dibenahi. Harus dikembangkan juga infrastruktur Tol Trans-Sumatera, listrik, cold storage perikanan & irigasi untuk mendukung pertanian di Lampung.

Lampung sebagai gerbang Sumatera juga dibahas dalam rapat ini. Kualitas pelayanan penyeberangan Bakauheni-Merak harus ditingkatkan. Mulai dari lamanya waktu tunggu sandar, sarana pendukung tak representatif dan rendahnya akses menuju pelabuhan.

Baca Juga:  Santap Gorengan Warga Hantar kompak Satgas TMMD 107 Kodim Situbondo

Dituturkan oleh Presiden, karena posisi Lampung berdekatan dengan DKI Jakarta dan Jawa Barat, maka perlu dikembangkan juga kawasan-kawasan industri khusus. Mulai kawasan industri pengolahan berbasis sektor perikanan, pertanian, sampai berbasis pertambangan. (KSP-RI/Tim-MRF/LV)

 606 kali dilihat

Leave a Reply

Your email address will not be published.