Tiyuh Candra Mukti Menatap Masa Depan, Wujudkan Swasembada Pangan

Tiyuh Candra Mukti Menatap Masa Depan, Wujudkan Swasembada Pangan
LINTAS DESA TULANG BAWANG BARAT

Lampungvisual.com

“Kemajuan suatu wilayah tidak hanya bisa dilihat dari bagusnya sarana infrastruktur jalan dan jembatan, namun termasuk didalamnya bagaimana masyarakt wilayah tersebut, bisa hidup sejahtera, aman dan nyaman dalam menjalankan kehidupannya”

Demikian diungkapkan kepalo Tiyuh Candra Mukti Marsudi Hasan, yang telah dilansir di media lokal maupun nasional.

Yang menjadi program prioritas selain nfrastruktur jalan dan jembatan, namun sektor perekonomian masyarakat menjadi program utama bagi Marsudi Hasan, itulah yang sudah diwujudkan Kepalo Tiyuh Candra Mukti.

Namun prioritas utama demi ksejahteraan masyarakat yang menjadi unggulan adalah mewujudkan pencapaian swasembada pangan yakni beras, jagung, singkong dan juga sektor perkebunan. Peternakan, perikanan baik ternak besar seperti sapi, kerbau dan kambing, juga ternak unggas  yakni ayam, itik serta burung. Dengan demikian kebutuhan masyarakat dapat terpeuhi, baik sandang, pangan maupun papan.

Baca Juga:  Rumput Lapangan Sepakbola tiyuh Karta Dijual Ketua BPT Angkat Bicara

Kucuran dana dari pemerintah baik Dana Desa/Alokasi Dana Desa (DD/ADD), merupakan dana dari pemerintah pusat dan daerah yang telah dikucurkan sejak 2015 lalu,terbukti sudah direalisasikan sesuai prosedur.

Selain itu terkait pemberdayaan masyarakat, pihaknyatelah mengalokasikan 30 persen, peruntukkannya bagi ibu-ibu PKK tiyuh dengan melakukan bimbingan teknis (bimtek) kursus menjahit, termasuk mendorong UKM bagi program PKK..

Tiyuh Candra Mukti merupakan Tiyuh pemekaran dari tiyuh Candra Kencana Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Pantauan lampungvisual.com, geliat pembangunan Tiyuh Candra Mukti semakin hari semakin merangkak ke depan. Hal ini tidak terlepas dari kebersamaan pemangku kebijakan pemimpinnya. Tiyuh yang memiliki luas 306.9Ha/M2 ini masyarakatnya berprofesi sebagai petani/pekebun, peternak, PNS/wiraswasta,TNI/Polri, jasa koperasi dan karyawan swasta lainnya, mereka merasa nyaman dibawah komando Marsudi Hasan.

Baca Juga:  Disnak dukung pengembang biakan Ayam kampung unggul Asli Tubaba, "MANO-Q"

Sektor keamanan dan kebersihan lingkungan merupakan faktor pendukung percepatan pembangunan, ini merupakan target perangkat Tiyuh Candra Mukti. Meskipun langkah strategis telah dilakukan, namun dukungan masyarakat lebih utama, termasuk membayar pajak. Karena pajak merupakan wujud pendapatan asli daerah yang harus direalisasikan untuk biaya pembangunan.

Keharmonisan perangkat Tiyuh dengan lembaga tiyuh, baik BPT, Pokmas, LPM, PKK, Karang Taruna ini lah yang menjadikan Tiyuh Candra Mukti majupesat. Aset yang dimiliki Tiyuh Candra Mukti sudah cukup banyak, baik sektor pendidikan, kesehatan, sosial dan budatya. Ini merupakan asset yang harus dikembangkan demi kemajuan Tiyuh.

Baca Juga:  Radio Gesit FM Tubaba Diapresiasi Warga

Jika pembangunan berjalan lancar aseperti saat ini maka diharapkan masyarakat Cndra Mukti hidup sejahtera, karena kepalo tiyuh bersama perrangkatnya bekrja maksimal. Belum lagi BUMDes  yang dikelola secara transparan akan mampu menunjang percepatan pembangnan ekonomi masyarakat.Karena program pemerintah yakni memajukan daerah melalui dana desa, harus disambut dan direalisasikan oleh perangkat Tiyuh.

Sehingga Tiyuh Candra Mukti nantinya menjadi Tiyuh yang “Baldlatun Thayyibatun Warabbun Ghafur”, yakni suatu daerah yang adil dan makmur dan mendapat ampunan serta lindungan dari TuhanNya. (GB).

 805 kali dilihat

Leave a Reply

Your email address will not be published.