TMMD 115 Sekaran, Pemkab Bojonegoro gelar Pembinaan dan Pelatihan anggota Satlinmas

https://www.lampungvisual.com/demi-kesehatan-masyarakat-tim-satgas-tmmd-ke-115-kodim-0105-abar-rela-berjalan-kaki-keliling-kampung-memberikan-pelayanan-pengobatan-gratis/
JAWA TIMUR

BOJONEGORO, (LV)
Dalam rangka menciptakan serta meningkatkan ketentraman dan ketertiban umum, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, melalui Satuan Polisi Pamong Pamong Praja (Satpol PP), menggelar pembinaan terhadap anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Desa Sekaran, di Balai Dusun Ngantru, Desa Sekaran, Kecamatan Kasiman, Jum’at (14/10/2022).

Kegiatan dilaksanakan dalam rangka mendukung pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD ke- 115 tahun 2022. Sedangkan pelaksanaan kegiatan program terpadu dan lintas sektoral ini mengusung tema “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI”.

Hadir dalam acara pembinaan ini Kasatpol PP Bojonegoro, Arief Nanang Sugianto, S.STP., M.M., Forkopimcam Kasiman, Kasi Linmas Satpol PP Kasiman, Ramadhan Hariyanto, Babinsa Koramil 0813-12/Kasiman, Bhabinkamtibmas, Kades beserta perangkat Desa Sekaran, serta 30 anggota Satlinmas Desa Sekaran.

Dalam sambutannya, Camat Kasiman, Novitasari, S.STP., M.PSDM, menyampaikan bahwa keberadaan anggita Satuan Linmas ini sangat penting karena peran tugasnya diantaranya adalah penanggulangan kebencanaan, menjaga ketertiban dan ketentraman ditingkat desa. Sehingga, dengan kebanggaan peranan Satlinmas ini, tugas dan kewajiban harus dilaksanakan dengan baik dan penuh tanggungjawab

Baca Juga:  Dandim 0813 Bojonegoro Sebagai Bapak Asuh Berikan Bantuan kepada Anak Penderita Stunting

“Kita satukan frekuensi, untuk lebih bersinergi membagun Bojonegoro hingga tingkat desa. Tetap semangat bagi para peserta pembinaan, dalam menimba ilmu hari ini,” kata Camat Novitasari.

Sementara itu, Kasatpol PP Kabupaten Bojonegoro, Arief Nanang Sugianto, S.STP., M.M., menyampaikan bahwa kegiatan pembinaan terhadap anggota Satlinmas Desa dilaksanakan dalam rangka mendukung program TMMD ke- 115 tahun 2022 yang dipusatkan diwilayah Dusun Ngantru, Desa Sekaran, Kecamatan Kasiman.

Diselenggarakannya kegiatan tersebut untuk memberikan pemahaman terhadap aparatur Satlinmas, memberdayakan peran dan fungsi anggota Satlinmas dalam menyelenggarakan keamanan, ketenteraman dan ketertiban umum.

Baca Juga:  Anggota Satgas TMMD Bojonegoro Kumpulkan Anak Jatimulyo Ajak Belajar Bersama

“Diharapkan setelah mendapatkan pembinaan ini anggota Satlinmas lebih memahami akan tugas dan fungsinya melalui pengetahuan, ketrampilan, pembentukan sikap dan perilaku serta kemampuan guna membantu menyelenggarakan keamanan, ketentraman dan ketertiban umum melalui peran dan fungsinya sebagai pelindung masyarakat,” ujarnya.

Masih menurut Kasatpol PP Bojonegoro, anggota Satlinmas ini yang memangku kepentingan ditingkat desa dalam menjaga keamanan dan ketertiban serta kesosialan. Satuan Linmas harus mampu menjadi pelopor, dan penggerak pengamanan swakarsa ditengah-tengah masyarakat. Selain itu juga harus membaur dengan kelompok-kelompok masyarakat dalam rangka menciptakan situasi tertib, aman dan tentram diwilayah desa.

“Dengan harapan anggota Satlinmas Desa Sekaran semakin bersemangat dan tangguh untuk menjalankan tugas-tugasnya di masyarakat. Juga mampu menciptakan keseimbangan dalam mewujudkan ketertiban dan keamanan khususnya diwilayah Sekaran, serta bersinergi membagun Bojonegoro lebih baik,” tegas Arief Nanang.

Baca Juga:  Cegah Longsor, Satgas TMMD 110 Bojonegoro Tinjau Pembangunan Saluran Air

Senada disampaikan Danramil 0813-12/Kasiman, Kapten Arm Ngalim, bahwa kegiatan pembinaan dilakukan agar setiap anggota Satlinmas mampu mengemban tugas dengan baik, dan siap mengamankan lingkungannya demi terwujudnya situasi yang aman dan nyaman.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk mendidik dan melatih para anggota Satlinmas, agar dapat mengimplementasikan apa yang didapat selama latihan dalam kehidupan bermasyarakat,” tuturnya.

Satlinmas merupakan bagian dari masyarakat, harus bisa menjadi contoh bagi masyarakat lainnya dalam penanaman kedisiplinan dan semangat bela negara. “Harapanya anggota Satlinmas ini aktif ikut menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta mendukung program pemerintah serta membantu TNI-Polri mewujudkan keamanan dan ketertiban serta penanggulangan bencana alam,” pungkasnya.(*)

 59 kali dilihat