Usai Ziarah Ke Makam Pahlawan Nasional, Dandim 0105/Abar Lanjut Sowan Silaturahmi Ke Ulama Aceh Barat

Usai Ziarah Ke Makam Pahlawan Nasional, Dandim 0105/Abar Lanjut Sowan Silaturahmi Ke Ulama Aceh Barat
ACEH BARAT

Aceh Barat –

Sebagai Pejabat baru di wilayah jajaran Korem 012/TU, Dandim 0105/Abar Letkol Inf Muhammad Syafi’i Nasution melaksanakan tradisi ziarah ke Pusara (Makam) Pahlawan Nasional sekaligus sowan silaturahmi dengan mengunjungi para Ulama yang ada di Aceh Barat, Senin (14/11/2022)

Dandim mengawali ziarahnya yakni ke Makam Pahlawan Teuku Umar yang berlokasi di Desa Mugoe Kecamatan Panton Reu dengan didampingi oleh Danposramil 12/Panton Reu Peltu Nasril Chaniago.

Dalam biografinya, Teuku Umar merupakan Pahlawan Nasional yang dikenal dengan sebutan Johan Pahlawan yang menjadi Panglima Perang yang tak gentar melawan kolonialisme Belanda. Berkat keberanian dan kegigihannya tersebut, saat ini Teuku Umar patut diteladani bahkan menjadi inspirasi bagi TNI dengan membuat Nama Satuan yakni Korem 012/Teuku Umar.

Baca Juga:  Mengupas Kelapa Pun Dilakukannya, Kopda Muhammad Iqbal Satgas TMMD Ke-108 Kodim 0105/Abar

Tak sampai disitu, sekilas tentang silsilah dan kisah perjuangannya juga menjadi referensi pilihan sebagai Nama Universitas Teuku Umar. Bahkan, Kabupaten Aceh Barat sering disebut dengan Bumi Teuku Umar dan Kecamatannya pun disematkan Nama Johan Pahlawan.

Berdasarkan Nama besar tersebut, Dandim 0105/Abar melakukan ziarah sembari mengaktifkan memori bagaimana peran Teuku Umar Johan Pahlawan yang sangat hebat dan cerdik cendikiawan.

“Kegiatan ziarah ini memiliki arti yang sangat penting, yakni sebagai penghormatan kepada para Pahlawan yang telah berjuang untuk membela tanah air dari rongrongan para penjajah. Sebagai generasi penerus bangsa sudah sepatutnya menghargai jasa – jasa para Pahlawan, terlebih bagi Prajurit TNI yang memegang estafet perjuangan menjaga tanah air lbu Pertiwi lndonesia”, ungkap Dandim

Baca Juga:  Budaya Gotong-Royong TNI Dan Masyarakat Merupakan Senjata Andalan TMMD

Ba’da ziarah di Makam Pahlawan Teuku Umar, Dandim melanjutkan perjalanan guna ziarah ke Makam Pahlawan Nasional lainnya yakni Pocut Baren yang berlokasi di Desa Tungkop Kecamatan Sungai Mas. Selama rangkaian kegiatan, Dandim langsung didampingi oleh Danramil 01/Sungai Mas Kapten Inf Dedi Wahyudi.

Pocut Baren merupakan seorang Pahlawan dan Ulama wanita Aceh yang terkenal gigih dan berani melawan para Penjajah bersama Cut Nyak Dhien. Selain sebagai Panglima Perang, Pocut Baren juga dikenal sebagai Uleebalang yang berpengaruh dan memiliki banyak pengikut yang setia.

Baca Juga:  Dandim 0105/Abar Pimpin Upacara Tradisi Korp Raport Pindah Satuan Ke Luar Aceh (Kotama)

“Sebagai anak bangsa khususnya penduduk Aceh Barat, ini sangat membanggakan. Pasalnya, Teuku Umar dan Pocut Baren menjadi bagian dari Pahlawan Nasional yang turut merebut kemerdekaan lndonesia. Untuk itulah, Kami mengajak masyarakat agar merawat dan melestarikan Makam Pahlawan ini. Jangan sampai Makam yang mencatat sejarah ini usang dimakan waktu atau tidak terawat”, pungkas Dandim

Usai ziarah, Dandim 0105/Abar melanjutkan sowan dengan mengunjungi Ulama yang ada di Aceh Barat, diantaranya silaturahmi ke kediaman Tgk. Abu llyas di Woyla Barat dan Tgk. Abdurani di Arongan Lambalek. (*)

 82 kali dilihat