Dandim Bojonegoro Apresiasi Pawai Budaya yang Berlangsung Meriah

Dandim Bojonegoro Apresiasi Pawai Budaya yang Berlangsung Meriah
JAWA TIMUR

BOJONEGORO,(LV)
Komandan Kodim 0813 Bojonegoro Letkol Arm Arif Yudo Purwanto, mendampingi Bupati Bojonegoro memberangkatkan puluhan peserta Pawai Budaya tingkat SMA/SMK/MA, Perguruan Tinggi dan Umum dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke- 77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun 2022, Minggu (28/8).

Sebanyak 31 peserta dalam Pawai Budaya yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) tersebut, merepresentasikan Bojonegoro lewat penampilan yang menunjukkan kekayaan seni dan budaya yang beragam dengan mengusung tema seni budaya yang berbeda di antaranya bertemakan Wali Kidangan, legenda Bayi Rondo Kuning, Sendang Nanom, Tradisi Wiwit Panen Padi, Tari Tayub, dan Legenda Bremono Bremani yang merupakan budaya khas lokal Bojonegoro.

Sementara, kegiatan Pawai Budaya ini mengambil rute mulai dari Start depan Pendopo Malowopati Pemkab Bojonegoro Jalan P. Mas Tumapel – Jalan Mastrip – Jalan MH. Thamrin – Jalan Panglima Sudirman – Jalan Teuku Umar – Jalan WR. Supratman – Jalan Rajawali – Jalan Imam Bonjol.

Baca Juga:  TMMD Ke- 110, Personel TNI Kodim Bojonegoro Ajak Warga Disiplin Prokes

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bojonegoro, menjelaskan bahwa
tujuan dilakasanakannya kegiatan ini untuk menggali, mensosialisasikan, serta mengedukasi warga masyarakat serta melestarikan seni dan budaya. Rangkaian Pawai Budaya ini juga akan di gelar hingga Senin ( 25/8/2022 ) besok untuk tingkat SD/MI, SMP dan MTs.

“Pelaksananan Pawai Budaya selama dua hari, Minggu dan Senin. Untuk hari ini ada 31 peserta rinciannya 13 kelompok dari SMA, SMK dan MA, serta 18 kelompok dari Perguruan Tinggi dan umum. Sementara untuk SD/MI dan SMP/MTs sebanyak 27 peserta,” ungkap Budiyanto.

Baca Juga:  Wiji yang Selalu Setia dengan Para Satgas TMMD

Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awannah, dalam sambutannya mengatakan bahwa sudah dua tahun lebih Kabupaten Bojonegoro tidak menyelenggarakan kegiatan pawai budaya. Sehingga, hari ini mulai ada pawai budaya dan pelaksanaanya berlangsung sangat meriah.

“Saya melihat masyarakat, sangat antusias dengan adanya pawai budaya ini. Selain untuk memupuk budaya Bojonegoro, juga menumbuhkembangkan sektor-sektor ekonomi utamanya produk Bojonegoro,” ujarnya.

Bupati Bojonegoro juga mengajak masyarakat untuk menghargai dan menggunakan produk-produk putra daerah. Menurut Bupati, selain desainya yang cantik dan menarik, produk lokal seperti Zahida Painting berupa art painting dengan media kain ini juga berdaya saing tinggi.

“Kedepan kami juga mendorong putra-putri untuk terus berinovasi. Dan sebentar lagi akan ada Nglenyer Fashion Week. Ini melibatkan putra-putri daerah,” kata Anna Mu’awanah.

Pihaknya juga berharap, agar muda-mudi Bojonegoro terus berkontribusi, berinovasi dan menumbuhkan sektor usaha termasuk mengurangi angka pengangguran. “Juga agar masyarakat Bojonegoro tetap untuk menjaga Kamtibmas dan prokes termasuk menjaga kesehatan,” tambah Bupati Anna Mu’awanah.

Baca Juga:  TMMD Bojonegoro, Inilah 5 Titik Sampel Air Yang Di Uji Kualitasnya

Dandim 0813 Bojonegoro, Letkol Arm Arif Yudo Purwanto, memberikan apresiasi dan dukungan penuh seluruh rangkaian kegiatan yang diselenggarakan Pemkab Bojonegoro dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesi ke- 77 tahun 2022 yang secara umum berjalan tertib, lancar dan damai.

“Dengan semaraknya rangkaian kegiatan memperingati HUT RI diwilayah Kabupaten Bojonegoro ini menandakan bahwa kita sebagai generasi penerus bangsa sangat bangga dan mencintai bangsa Indonesia dalam bingkai NKRI. Harapannya, kegiatan seperti pawai budaya ini agar terus dilakukan dalam rangka merawat seni dan budaya daerah,” pungkasnya.(*)

 91 kali dilihat