Deklarasi Kebhinnekaan Cinta Damai Warnai Apel Kebhinnekaan di Mesuji

NASIONAL

Lampungvisual.com-Guna menjaga situasi kondusif dan menjaga keutuhan bangsa di wilayah Kabupaten Mesuji, Polres Mesuji menggelar Apel Besar Kebhinnekaan Cinta Damai di Halaman Mapolres Mesuji, Rabu (16/11/2016). Apel diikuti oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Mesuji, Polres Mesuji, Koramil 426-01/Mesuji, Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Mesuji, Dinas Perhubungan Kabupaten Mesuji, Senkom Mitra Polri, Banser, dan Pramuka.

Dalam apel itu juga dilakukan Deklarasi Kebhinnekaan Cinta Damai oleh seluruh peserta apel dan penandatanganan deklarasi oleh Forkopimda Kabupaten Mesuji dan perwakilan tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda.

Baca Juga:  Upacara Benderapun Tetap Wajib Dilaksanakan

Bertindak sebagai pemimpin apel dalam kesempatan tersebut adalah Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji, Rizal Fauzi, mewakili Pelaksana Tugas Bupati Mesuji. Dalam amanatnya, kenyataan yang berkembang ini dirasakan sangat mengancam kebhinnekaan di Indonesia. Sebagai bangsa yang majemuk, keberagaman merupakan salah satu hal yang seharusnya dijadikan perekat bangsa dan bukan sebagai alat pemecah.

“Saya mengajak dan menghimbau kepada kita semua, baik unsur pemerintahan, TNI, Polri, tokoh agama, dan segenap elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga keharmonisan dalam kehidupan berdemokrasi khusunya di Kabupaten Mesuji, dalam rangka mengisi kemerdekaan dengan membangun bangsa dan negara yang lebih bermartabat,” ujarnya.

Baca Juga:  Berharap Tidak Hujan Saat Upacara Penutupan TMMD

Sementara itu, Kapolres Mesuji, AKBP Purwanto Puji Sutan usai apel menegaskan bahwa persatuan dan kesatuan harus menjadi dasar kehidupan berbangsa dan bernegara. Seluruh lapisan masyarakat diharapkan menjadi perekat kebhinekaan. Ia meminta kepada warga masyarakat untuk menjaga toleransi khususnya antarumat beragama.

“Diharapkan seluruh masyarakat untuk tidak mencampuri apa yang terjadi di Jakarta, biarlah proses hukum tetap berjalan, kita semua harus menghormati itu. Lebih baik kita menjaga suasana yang kondusif di Kabupaten Mesuji yang saat ini sedang melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah,” tukasnya.(Rilis Humas)

 596 kali dilihat

Leave a Reply

Your email address will not be published.