Kapolres Tubaba Pimpin Apel Gelar Pasukan dan Peralatan Untuk Kesiapsiagaan Tanggap Bencana Alam 2022.

Kapolres Tubaba Pimpin Apel Gelar Pasukan dan Peralatan Untuk Kesiapsiagaan Tanggap Bencana Alam 2022.
TULANG BAWANG BARAT

Tulang Bawang Barat, (LV)
Memasuki fase peralihan musim dari kemarau ke musim penghujan atau musim pancaroba, telah dilaksanakan “Apel Gelar Pasukan dan Peralatan dalam rangka antisipasi menghadapi bencana alam tahun 2022 di wilayah Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Apel gelar pasukan yang dilaksanakan di halaman Apel Mako Polres Tulang Bawang Barat diikuti oleh personel TNI – Polri, BPBD, Tenaga Kesehatan dan instansi terkait lainnya, Rabu (12/10/2022).

Kapolres Tulang Bawang Barat mengatakan, gelar pasukan ini untuk mengecek kesiapan personel dan perlengkapan sebagai tanggungjawab dan kepedulian atas bahaya bencana ,Hal ini mengingat adanya kondisi geografis, geologis dan topografi di wilayah Tulang Bawang Barat yang terdiri dari dataran, persawahan dan sungai yang rentan dengan gangguan alam yang dapat terjadi sewaktu – waktu.

Baca Juga:  Tarik Satang Acung Jempol Kita sudah Memiliki Grup Memancing

“Akibat cuaca yang tidak menentu di musim pancaroba ini tidak menutup kemungkinan terjadinya cuaca ekstrim yang dapat menyebabkan bencana Hidrometeorologi, sehingga seluruh pihak diharapkan untuk terus meningkatkan kesiapsiagaannya baik personel maupun sumberdaya peralatan yang dimiliki,” ucap Kapolres saat memimpin apel gelar pasukan.

Oleh karena itu, Kapolres berharap kepada semua pihak yang terkait untuk mengingatkan masyarakat, dan segera bersiap melakukan langkah pencegahan dan mitigasi terhadap peningkatan potensi bencana Hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, angin kencang atau puting beliung maupun ancaman badai tropis lainnya.

Baca Juga:  Siswa SMK MUTU, Tulang Bawang Barat Berhasil Membuat Karya Mengundang Decak Kagum

“Maka melalui apel gelar pasukan ini diharapkan bisa menjadi sarana untuk meningkatkan koordinasi dan sinergitas semua elemen dalam menghadapi potensi bencana. Sehingga semua pihak bisa paham dengan tugas pokok sesuai fungsi masing – masing,” harapnya.

Kapolres juga mengajak semua pihak untuk mensosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang bencana dalam setiap kegiatan karena pada umunya pemahaman dan kesadaran masyarakat masih relatif rendah.

“Untuk itu, kami tetap berharap kepada semua pihak agar terus meningkatkan jalinan komunikasi demi terciptanya pola koordinasi yang baik guna mewujudkan tercapainya kesiapsiagaan dan manajemen penanggulangan bencana yang optimal,” pungkasnya.

Baca Juga:  Group Angklung Pikir Keri Mekar Asri Tubaba Galang Donasi Peduli Tsunami Lamsel

Dalam apel gelar pasukan tersebut Kapolres selain meningkatkan sinergitas juga menekankan agar segera menyusun rencana kontinjensi yang disesuaikan dengan tata kelola kedaruratan protokol kesehatan termasuk penyediaan sarana dan prasarana, pelatihan terpadu terhadap personel, pengecekan secara intens dan berkala terhadap peralatan SAR yang dimiliki masing – masing instansi agar siap pakai jika sewaktu – waktu dibutuhkan dalam penanggulangan bencana.

Usai Apel gelar pasukan, Kapolres bersama tamu undangan jajaran Forkopimda lainnya melakukan pengecekan terhadap personel dan sarana serta prasarana yang digunakan penanggulangan bencana.(humas_tubaba).

 44 kali dilihat