Panen Raya Program Ketahanan Pangan Kodim 0105/Abar Berkolaborasi Dengan RTA Menuai Hasil Yang Melimpah

Panen Raya Program Ketahanan Pangan Kodim 0105/Abar Berkolaborasi Dengan RTA Menuai Hasil Yang Melimpah
ACEH BARAT

Aceh Barat, (LV)-

Program Ketahanan Pangan yang digagas oleh Ketua RTA (Rumah Tani Amiruddin) bersama Dandim 0105/Abar Letkol lnf Dimar Bahtera, S.Sos., M.A.P., kini mulai menuai hasil. Setelah melewati tahapan pengolahan, penanaman dan perawatan, hari ini bertempat di Lahan Pertanian hamparan Sawah yang berlokasi di Desa Leukeun Kecamatan Samatiga dilakukan Panen Raya (Farm Field Day) yang dihadiri unsur Forkopimda Aceh Barat, Sabtu (29/10/2022)

Panen raya kali ini terealisasi berkat kerjasama yang apik dan solid antara Rumah Tani Amiruddin (RTA) dengan Kodim 0105/Abar melalui wadah Satgas Percepatan Penanaman Padi 3 kali dalam setahun. Yang mana, dalam pelaksanaannya melibatkan lnsan Pertanian dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) serta para pejuang Pertanian sebagai upaya untuk menguatkan kedaulatan pangan di wilayah Kabupaten Aceh Barat.

Panen raya dipusatkan di Sawah yang berlokasi di Desa Leukeun. Kamaruzaman, selaku Keuchik Desa Leukeun sangat berterima kasih kepada Dandim 0105/Abar dan RTA yang telah menyelenggarakan kegiatan panen raya di Desanya. Tentunya ini sangat menggembirakan bagi masyarakat Desa Leukeun. Pasalnya, Program Percepatan Penanaman Padi 3 kali dalam setahun yang ada di Desa Leukeun bisa menjadi cerminan bagi Desa – Desa lain.

Baca Juga:  Cegah Mewabahnya PMK, Babinsa Koramil 04/Meurebo Bersama Tim Puskeswan Suntik Vaksinasi Puluhan Hewan Ternak

“Atas nama 8 Desa binaan RTA dan Kodim 0105/Abar, Kami mengucapkan ribuan terimakasih. Sebab, telah merotasi Pertanian awam dengan Pertanian modern dibarengi edukasi mencerdaskan dan didukung Alsintan canggih serba gratis. Sehingga, saat ini para Petani di Desa Leukeun menghasilkan Gabah yang melimpah dan muaranya pendapatan Petani makin meningkat. Kami berharap program ini tetap terus berkelanjutan agar Petani di Aceh Barat kehidupnya sejahtera. Karena 85% warga Kami berprofesi sebagai Petani atau Pekebun”, terang Kamaruzaman

Sebagai Tokoh Pertanian yang juga sekaligus Ketua RTA, Amiruddin ST saat memberikan sambutan secara seremonial mengatakan, bahwa Pertanian menjadi jawaban dari aktivitas Pemerintah yang secara kasat mata meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Apalagi saat ini Pertanian menjadi salah satu Program prioritas bagi Pemerintah Pusat maupun Daerah.

“Oleh sebab itulah, Kami bersama Dandim 0105/Abar akan terus dan serius mendampingi para Petani dengan mekanisasi Pertanian yang serba canggih dan modern. Kami telah berkecimpung di sektor Pertanian ini lebih kurang sudah berjalan selama 3 tahun. Saat ini, RTA telah merambah masuk ke 9 Kecamatan yang ada di Aceh Barat. Untuk itu, Kami mengajak para unsur Forkopimda dan Dinas terkait untuk ikut berkolaborasi serta mendorong para Petani agar lebih termotivasi lagi dalam mengolah lahan Pertaniannya agar lebih produktif dan bisa mewujudkan tanam Padi 3 kali dalam setahun”, gambalang Amirudin

Baca Juga:  Peduli Sanitasi, Dandim Aceh Barat Inisiasi Bangun Fasilitas MCK Dayah Darul Kheir

Kendati program ini menuai hasil melimpah, namun Amirudin mengeluhkan sulitnya mendapatkan BBM jenis Subsidi. Padahal, surat ijin ataupun ketentuan sesuai jalur telah diurus atau terpenuhi. Akan tetapi ketika proses pembelian di SPBU kerap tidak dapat.

Sementara Dandim 0105/Abar yang turut berjuang menguatkan kedaulatan pangan sangat mengharapkan wadah panen raya ini akan menjadi motivasi kepada seluruh Petani yang ada di Kabupaten Aceh Barat.

“Sebagaimana Kita ketahui bersama, Pemerintahan Joko Widodo menjadikan sektor Pertanian menjadi program strategis nasional guna mewujudkan swasembada pangan untuk 3 Tahun kedepan. Hal ini tentunya sangat sejalan dengan program KASAD tentang ketahanan pangan terutama sektor pertanian sebagai andalan. Dan ini juga sesuai dengan visi Kabupaten Aceh Barat yakni menuju Aceh Barat yang lebih sejahtera, mandiri, unggul dan istiqomah yang dilaksanakan melalui “GERBANG DATA ERA” (Gerakan Pengembangan Pemberdayaan Pertanian dan Ekonomi Kerakyatan). Selamat kepada Petani yang telah berhasil memetik jerih payahnya melalui panen raya ini”, pungkas Dandim

Baca Juga:  Begini Respon Forkopimda Aceh Barat Hadapi Polemik Volume Suara Adzan

Disisi lain, Pj. Bupati Aceh Barat Drs. Mahdi Efendi merasa sangat bangga dan mengapresiasi atas pencapaian panen raya yang telah dikonsep atau diinisisasi oleh Kodim 0105/Abar bersama RTA ini.

“Kami atas nama Pemda mengucapkan terimakasih kepada Korem 012/TU, Kodim 0105/Abar dan RTA yang telah menginisiasi program ini. Kedepan Kami serta SKPD terkait akan mendukung penuh program ini dan akan berupaya membantu melalui dana APBK. Panen raya ini berpotensi bisa dijadikan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B). Karena secara nyata hasilnya melimpah dapat dirasakan langsung oleh masyarakat lokal. Tentunya akan bermuara meningkatkan pendapatan atau perekonomian masyarakat”, tandas Bupati.

Dalam momen tersebut, unsur Forkopimda secara simbolis kompak melakukan pemotongan Padi secara manual dan berkesempatan merasakan langsung memanen Padi menggunakan Mesin Combine (Alsintan).

 89 kali dilihat