SMSI Lampura MOU dengan UMKO

SMSI Lampura MOU dengan UMKO
LAMPUNG UTARA

Lampung Utara,lampungvisual.com- Dalam hal berperan aktif mencerdaskan kehidupan bangsa serta meningkatkan kapasitas wartawan di Kabupaten Lampung Utara, Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial (FHIS) Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO), menjalin kesepahaman dalam bidang pendidikan dengan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Lampung Utara.

Jalinan kesepahaman dimaksud dituangkan dalam nota Memorandum of Agreement (MoA) yang dilaksanakan pada Kamis, 10 Maret 2022, di ruang peradilan semu UMKO.

Disampaikan Dekan FHIS UMKO, Suwardi, S.H., M.H., CM, CPCLE, kerjasama bidang pendidikan ini guna memberikan edukasi kepada mahasiswa UMKO untuk mengaktualisasikan keilmuan yang telah didapatkan.

"Dalam hal kerjasama bidang pendidikan tersebut, tentunya masing-masing lembaga memberikan kontribusi yang positif," jelas Suwardi yang diamini Ketua Program Studi (Prodi) Fakultas Ilmu Sosial dan Wakil Dekan FHIS UMKO.

Dikatakannya, selain memberikan kesempatan para mahasiswa untuk menguji keterampilan keilmuan yang didapat di bangku perkuliahan, pihaknya juga memberikan kesempatan peningkatan kapasitas wartawan yang tergabung dalam asosiasi SMSI Kab. Lampura.

"MoA ini juga menuangkan butir-butir kesepahaman yang bertujuan meningkatkan kapasitas wartawan yang tergabung dalam asosiasi SMSI berupa kemudahan pembiayaan pendidikan bagi jajaran SMSI yang hendak meraih gelar kesarjanaan," terangnya.

Selain itu, lanjut Suwardi, pihak UMKO juga memberikan kontribusi berupa bantuan konsultasi dan pendampingan hukum kepada jajaran SMSI Lampung Utara.

Di tempat yang sama, Ketua SMSI Lampung Utara, Ardiansyah, mengatakan, pihaknya mengapresiasi serta menyambut MoA bidang pendidikan yang diinisiasi FHIS UMKO itu dengan sejumlah komitmen yang bertujuan ikut berperan aktif mencerdaskan kehidupan anak bangsa.

Dirinya juga menyatakan kesungguhan jajaran SMSI Lampung Utara untuk membuka ruang dan waktu dengan optimal kepada para mahasiswa yang kelak menunaikan tugas pengaplikasian keilmuan dalam ranah pers.

"Pada prinsipnya, jajaran SMSI Lampung Utara akan fokus mentransfer pengalamannya dalam hal pengembangan perusahaan pers yang sehat," ucap Ardiansyah.

Selain itu, katanya, SMSI Lampung Utara juga akan memberikan pembelajaran terkait teknis membangun jejaring kemitraan dengan sejumlah stakeholders yang beretika.

Dijelaskan lebih lanjut, di era digitalisasi saat ini, perusahaan yang bergerak dalam bidang pers tidak hanya menitik tekankan sebagai lembaga profesi, namun juga telah bertransformasi menjadi lembaga keuangan.

"Artinya, sebagai sebuah lembaga keuangan tentu akan menciptakan ruang dan kesempatan kerja dalam bidang jurnalistik yang juga beriringan dengan menjalankan bisnis perindustrian pers," katanya.

Untuk itu, SMSI Lampung Utara menyatakan membuka pintu seluas-luasnya kepada para mahasiswa FHIS UMKO untuk berbagi pengalaman.

"Dalam hal ini, kami membuka pintu tidak hanya pada saat MoA ini dilaksanakan, namun juga membuka ruang diskusi, konsultasi, serta berkolaborasi dalam bidang jurnalistik dengan pihak FHIS UMKO dalam kesempatan apapun," tutupnya. (SMSI/Andrian Folta)