TP-PKK Lampura Menghadiri Acara Peringatan Hari Ibu

LAMPUNG UTARA

Lampungvisual.com-Ketua TP-PKK Lampung Utara,(Lampura) Hj. Endah Kartika Prajawati Agung, S.STP.,MH., menghadiri acara Peringatan Hari Ibu dengan tema “Kesetaraan Perempuan dan Laki-Laki Untuk Mewujudkan Indonesia Yang Bebas Dari Kekerasan, Perdagangan Orang dan Kesenjangan Akses Ekonomi Terhadap Perempuan”, yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna (GSG) Islamic Center, Kotabumi Lampung Utara. Kamis (29/12/16)

Hadir pada Peringatan Hari Ibu Tahun 2016, Wakil Bupati Lampung Utara, dr. H. Sri Widodo, M.Kes.,Sp.PD.FINASIM.,  Wakil Ketua TP-PKK Lampung Utara, Hj, Dayuk Ratih Handayani, Camat se-Kabupaten Lampung Utara, serta para Kepala SKPD Kabupaten Lampung Utara, yang diawali dengan pembacaan doa, lalu dilanjutkan dengan pembacaan Puisi dan pembacaan sejarah singkat tentang hari Ibu, oleh Yuliana Supriyanto.

Menurut Yuliana, Peringatan hari ibu tidak hanya untuk sekedar menghargai jasa-jasa perempuan, tetapi juga untuk menjadikan perempuan lebih bisa dihargai sebagai Ibu maupun sebagai istri. Karena dengan dukungannya, kita bisa mendapatkan kemerdekaan dan menegakkan kemerdekaan serta pembangunan Nasional. Makna hari ibu merupakan hari kebangkitan Persatuan dan Kesatuan Perjuangan Bangsa. “Kehidupan Perempuan dan Laki-Laki harus disejajarkan dalam kehidupan bermasyarakat, demi Keutuhan dan Kemajuan Bangsa Indonesia”ujar Yuliana.

Baca Juga:  Safari Ramadhan Pengurus NU Bandar Abung Santuni Anak Yatim

Wakil Bupati Lampung Utara dr. H. Sri Widodo. M.Kes. Sp. PD.FINASIM., membacakan sambutan tertulis Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia menyampaikan peringatan hari ibu menunjukkan bahwa perjuangan kaum perempuan Indonesia telah menempuh proses yang sangat panjang dalam mewujudkan persamaan peran dan kedudukannya dengan laki-laki, mengingat keduanya merupakan sumber daya potensial yang menentukan keberhasilan pembangunan.

Momentum hari ibu juga dijadikan refleksi dalam rangka memajukan pergerakan perempuan disemua bidang pembangunan. Peringatan hari ibu, diharapkan dapat mewariskan nilai-nilai luhur dan semangat perjuangan yang terkandung dalam sejarah perjuangan. Terutama kepada generasi penerus bangsa agar mempertebal tekad dan semangat untuk bersama-sama melanjutkan dan mengisi pembangunan dengan dilandasi semangat Persatuan dan Kesatuan, karena saat ini banyak kaum perempuan yang memiliki peran dan posisi strategis diberbagai kehidupan, hal ini membuktikan bahwa perempuan apabila diberi kesempatan mampu meningkatkan kualitas hidup juga mampu menjadi motor penggerak dan perubahan sejalan dengan tema Peringatan Hari Ibu ke-88 Tahun 2016.

Baca Juga:  Tidak Terealisasinya Bantuan PKH Tahap III karena Ada Peralihan Sistem Manual ke Sim e-PKH

Menurut Wakil Bupati, fungsi ibu dalam keluarga adalah sebagai pendidik pertama bagi anak-anaknya. Karena proses penanaman nilai-nilai hidup dan pembentukkan karakter anak-anak untuk masa depan sangat bergantung pada fungsi dan peran seorang ibu. Secara umum peran dan kiprah kaum perempuan juga semakin menampakkan kemajuan pada berbagai aspek kehidupan, baik dibidang politik, sosial, ekonomi, dan budaya, yang menjadikan kaum perempuan identik dengan pembangunan.

Baca Juga:  Satu Hari, Jajaran Polres Lampung Utara Tangkap 8 Pelaku Penyalahgunaan Narkoba

“kaum Ibu dan Perempuan benar-benar menjadi komponen dalam pelaksanaan pembangunan yang tidak dapat diabaikan”Ujar dr. Widodo

Untuk memeriahkan Puncak hari ibu ke-88 Tahun 2016 Kabupaten Lampung Utara dilakukan Lomba memasak yang diikuti para Ibu baik dari 23 Kecamatan dan 15 kelurahan se-Kabupaten Lampung Utara.

“Peringatan hari Ibu yang kita laksanakan untuk menghargai peran ibu sebagai pendidik, pengasuh anak-anaknya sekaligus generasi penerus bangsa yang handal, dan merupakan pembangunan sumber daya manusia dalam meneruskan berbagai kegiatan pembangunan di Kabupaten Lampung Utara” Pungkas Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Utara.(Red/Humas)

 745 kali dilihat

Leave a Reply

Your email address will not be published.