Momen Peringati Maulid Nabi 1444 Hijriah, Dandim 0105/Abar Ajak Untuk Meneladani Akhlak Dan Ajaran Kanjeng Nabi Muhammad SAW

Momen Peringati Maulid Nabi 1444 Hijriah, Dandim 0105/Abar Ajak Untuk Meneladani Akhlak Dan Ajaran Kanjeng Nabi Muhammad SAW
ACEH BARAT

Aceh Barat –

Sebagai bukti kecintaan kepada Rasulullah dan memantapkan keimanan serta ketaqwaan terhadap Allah SWT, Kodim 0105/Abar menggelar acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriah/2022 Masehi di Lapangan Makodim setempat yang berlokasi di Jalan Imam Bonjol Desa Drien Rampak Kecamatan Johan Pahlawan, Jum’at (21/10/2022)

Prosesi acara penuh khidmat yang mengusung tema “Meneladani Akhlak Nabi Muhammad SAW Dalam Kehidupan Sehari – hari”, ini dipandu oleh Serma Dede Julianto. Guna mendapatkan keberkahan, rangkaian acara diawali dengan mendengarkan lantunan ayat suci Al – Qur’an yang di – lqra’ kan oleh Sertu Samsul salah satu Qari kebanggaan Kodim 0105/Abar yang kesehariannya berdinas di Posramil 06/Bubon.

Acara sakral ini tampak dihadiri langsung oleh Dandim 0105/Abar Letkol Inf Dimar Bahtera, S.Sos., M.A.P., didampingi Kasdim Mayor Inf Mazwar As’adi Riyanto, Penceramah jebolan (Alumni) Mesir Ustad Kamil Syafruddin, L.c., para Perwira Staf, Danramil – Danposramil, Babinsa dan lbu – lbu Persit jajaran Kodim 0105/Abar.

Baca Juga:  Posramil 05/PC Salurkan Bantuan Tunai Kepada 497 Pedagang Kali Lima dan Warung - Warung Kecil

Sebagai apersepsi, dalam sambutannya Dandim mengungkapkan bahwa peringatan Maulid Nabi ini merupakan rutinitas dan amalan bagi umat Muslim dalam memuliakan Nabi Muhammad SAW. Bukan tanpa alasanan, sebab Nabi Muhammad merupakan Pemimpin dan Panglima perang yang patut diteladani serta diimplementasikan dalam kehidupan sehari – hari, terlebih bagi seorang abdi negara.

“Dalam konteks ini, marilah Kita jadikan momentum peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW untuk memetik keteladanan sifat – sifat mulia Kanjeng Nabi sebaga pedoman dasar mengaktualisasikan Habluminallah dan Habluminannas. Ajaran Nabi senantiasa menjadi kekuatan moral dan kekuatan kultural sebagai landasan agama yang paling utama. Untuk itu, sebagai umat yang taat, atas nama Pribadi maupun Satuan, Kami mengajak para hadirin sekalian agar mencontoh sikap dan tutur kata serta kepribadian Nabi Muhammad SAW”, pinta Dandim

Baca Juga:  TNl - Polri Di Aceh Barat Akan Tertibkan Lalu Lintas Dalam Operasi Ketupat Seulawah 2022

Selanjutnya, dalam tausiah atau ceramah yang disampaikan oleh Ustad Kamil Syafruddin, L.c., mengatakan bahwa Nabi telah mengajarkan umatnya syariat duniawi yang menyelamatkan hingga akhirat. Nabi adalah utusan Allah dan harus diyakini segala keistimewaannya. Hal ini dibuktikan dengan kalimat Syahadat (kesaksian bathin), yang mempertegas “Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah dan Aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah Utusan Allah”.

“Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW bertujuan supaya Kita lebih kenal dan cinta kepada Nabi akhir zaman. Bukan hanya sebagai seremonial belaka, namun dengan nawaitu yang tulus Kita teladani akhlak Nabi sebagai bekal untuk menjalankan dan mensyiarkan ajaran agama lslam. Disamping itu, kecintaan terhadap Nabi tetap harus Kita imbangi dengan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dengan menjalankan segala perintah serta menjauhi segala larangan – larangan Nya”, pungkas Ustad Kamil

Baca Juga:  Awali Kerja Anggota Satgas Melaksanakan Apel Pagi Di Lokasi TMMD

Ba’da siraman Qalbu, Ustad Kamil diminta untuk “Peusijuk” Kendaraan Dinas Roda Dua sebagai wujud rasa syukur atas kenikmatan yang diberikan oleh Allah SWT kepada Keluarga Besar Kodim 0105/Abar. Kemudian acara diakhiri dengan do’a dan sesi ramah tamah.(*)

 67 kali dilihat