Tingkatkan Penulisan Karya Ilmiah Dosen dan Mahasiswa, Prodi Teknik Informatika Gelar Workshop Pemanfaatan Latex dan Mendeley

Tingkatkan Penulisan Karya Ilmiah Dosen dan Mahasiswa, Prodi Teknik Informatika Gelar Workshop Pemanfaatan Latex dan Mendeley
PENDIDIKAN

BANDARLAMPUNG –
Program Studi (Prodi) Teknik Informatika Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menggelar Workshop Latex dan Integrasi Bibliography menggunakan Mendeley untuk penulisan karya ilmiah dosen dan mahasiswa di Laboratorium IAC, Kamis (3/11/22).

Workshop yang digelar secara hybrid ini diisi oleh Canggih Puspo Wibowo, S.T., M.Eng., CTO PT Kedata Indonesia Digital. Peserta workshop terdiri dari mahasiswa Prodi Teknik Informatika, dosen Teknik Informatika dan seluruh dosen IIB Darmajaya.

Dalam sambutannya, Rektor IIB Darmajaya, Dr. Ir. H. Firmansyah Y. Alfian, MBA., M.Sc., menyampaikan terima kasih atas kesediaan narasumber dalam berbagi ilmu kepada Civitas Academica IIB Darmajaya khususnya Prodi Teknik Informatika. “Sebagai dosen kewajiban tidak hanya menjadi pengajar, tetapi juga melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat. Kegiatan ini sangat mendukung dalam meningkatkan jurnal, paper atau karya tulis lainnya dalam memandu penulisan yang baik dan cepat,” ungkapnya.

Baca Juga:  Muhammad Zainul Majdi, Mengajak Pemuda Memperkaya Diri Dengan Amalan-Alquran

Tak hanya dosen, lanjut dia, mahasiswa juga akan mendapatkan wawasan dalam penulisan karya ilmiah dengan memanfaatkan program ataupun fitur dari Latex dan Mendeley. “Kita berharap output dari kegiatan ini juga semakin banyak lagi paper dan jurnal yang terpublikasi,” tuturnya.

Sementara, Ketua Prodi Teknik Informatika IIB Darmajaya, Dr. Chairani, S.Kom., M.Eng., mengatakan workshop digelar untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa khususnya dan dosen pada umumnya dalam mendukung pembuatan karya tulis. “Kami, dari prodi berharap dengan kegiatan ini mahasiswa semakin baik dalam penulisan karya ilmiah ke depannya,” ungkapnya.

Baca Juga:  Tiga Juri Kondang Nasional Nilai Karya FFMI 2019 IIB Darmajaya

Chairani–biasa dia disapa–dengan memanfaatkan program Latex dan Mendeley memudahkan dalam penulisan karya ilmiah. “Untuk Prodi Teknik Informatika juga dapat memacu produktivitas dosen dalam pembuatan paper ataupun jurnal hingga terpublikasi. Latex juga mulai akan diterapkan oleh Prodi TI kepada mahasiswa skripsi setelah template latex skripsi dibuat oleh Prodi,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Canggih Puspo Wibowo menerangkan tata cara dalam penulisan karya ilmiah dengan memanfaatkan program Mendeley. Selain itu, narasumber juga memaparkan cara penggunaan Latex dalam membantu penulisan karya ilmiah.

Baca Juga:  The Best, 24 Mahasiswa IIB Darmajaya Lolos Program Digital Marketing Academy di TDM

Canggih juga mengajak peserta workshop untuk mempraktikkan langsung penggunaan Latex dan Mendeley dalam penulisan karya ilmiah. Untuk diketahui, Latex dan Mendeley merupakan software yang digunakan dalam publikasi ilmiah di jurnal internasional. (**)

 108 kali dilihat